• Minggu, 2 Oktober 2022

Sri Mulyani Inderawati : Banyak Masyarakat tidak Paham Terkait Pengelolaan Utang Negara

- Kamis, 6 Januari 2022 | 15:00 WIB
Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani (foto : Detikfinance.com)
Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani (foto : Detikfinance.com)

 

Jakarta | BPKPNEWS.COM

 

Ketidakpahaman masyarakat terkait pengelolaan utang pemerintah sontak membuat Menteri Keuangan Sri Mulyani angkat bicara.

 Sri Mulyani Indrawati mengatakan,  banyak masyarakat yang tidak paham dengan pengelolaan utang pemerintah. Masyarakat hanya tahu jumlah utang negara yang terus bertambah tanpa mengetahui kegunaanyaa dan hanya memberikan tanggapan negatif.

"Banyak masyarakat dan mahasiswa atau dosen di kampus yang tidak tahu aset keuangan negara, banyak yang tahu hanya dari headline berita," kata Sri Mulyani saat bertandang ke Institut Teknologi Kalimantan, Balikpapan, Kalimantan Timur, dikutip Kamis, (6/1).

Baca Juga: Imbas dari Pekerjaan Drainase yg sambraut, DPRD Kota Bukittinggi adakan Sidang Tertutup.

Sri Mulyani mengatakan, setiap utang dan penarikan pajak dari masyarakat selalu dicatat pemerintah. Dana tersebut kemudian digunakan untuk berbagai proyek pembangunan yang manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Penarikan utang melalui surat berharga negara misalnya, digunakan pemerintah untuk membangun Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Dana dari utang juga bisa digunakan untuk membangun sekolah, membiayai sekolah anak-anak Indonesia ke luar negeri, menambah dosen-dosen berkualitas untuk menyiapkan sumber daya manusia unggulan.

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

X