• Sabtu, 29 Januari 2022

Nursultan Nazarbayev , Dahulu dieluk-elukan sekarang Dihujat Rakyatnya

- Minggu, 9 Januari 2022 | 12:09 WIB
Nursultan Nazarbayev (Foto : Istimewa)
Nursultan Nazarbayev (Foto : Istimewa)

BPKPNEWS.COM

Sebagai presiden pertama yang berkuasa selama hampir tiga dasawarsa, dia selalu dielu-elukan rakyat dalam berbagai acara kegiatan dan wajahnya terpampang di banyak papan iklan di seantero negeri Nursultan Nazarbayev menikmati manisnya puja-puji rakyat Kazakhstan.

Ketika dia memutuskan mundur pada 2019, Nazarbayev masih mampu menunjuk penggantinya, Kassym-Jomart Tokayev, dan mempertahakan cengkeraman kekuasannya sebagai Ketua Dewan Keamanan yang berkiprah menentukan arah kekuasaan di balik layar. Dia mendapat julukan Elbasy atau pemimpin negara.

sebagai bentuk penghormatan kepada sang pemimpin, Astana, ibu kota negara yang dia perintahkan untuk dibangun di hamparan padang rumput Kazakhstan bahkan diganti namanya

Baca Juga: Akibat Kerusuhan, Kazakhstan dalam Status Darurat

Bagi Nazarbayev, dia tampaknya sudah menemukan jawaban atas masalah yang menghantui para pemimpin di kawasan bekas pecahan Soyvet itu: bagaimana mundur dengan elegan di masa tua tanpa mengalami risiko perlawanan.

Namun peristiwa yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini sepertinya memberikan pelajaran yang berbeda. Patung Nazarbayev yang seharusnya dianggap sebagai warisan kejayaan kepemimpinannya, dirubuhkan oleh demonstran. Bukannya meneriakkan "Elbasy", massa yang marah justru menyebut "Shal ket" atau berarti "orang tua minggirlah".

Dilansir dari laman the Guardian, Kamis (6/1), parahnya kemiskinan, ketidakadilan, dan korupsi memicu kerusuhan di Kazakhstan dalam beberapa tahun belakangan. Kemarahan warga tertuju pada Nazarbayev yang sejak lama seperti tidak tersentuh hukum.

Baca Juga: Dalam Kerusuhan di Kazakhstan, Polisi Almaty Amankan 2.000 Orang Pengunjuk Rasa

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

Konflik Rusia dan Ukraina kian Memanas

Jumat, 28 Januari 2022 | 09:46 WIB

Akibat Kerusuhan, Kazakhstan dalam Status Darurat

Kamis, 6 Januari 2022 | 21:51 WIB

PSG Cuma Imbang Lawan Brugge, Debut Gagal Trio MMN

Kamis, 16 September 2021 | 07:27 WIB
X