• Minggu, 2 Oktober 2022

Pembatasan Air Zamzam yang DIbawa oleh Jemaah Haji Terbatas, Inilah Alasannya..

- Minggu, 26 Juni 2022 | 10:18 WIB

BPKPNEWS.COM - Air zamzam menjadi salah satu oleh-oleh yang sangat ingin dibawa jemaah haji dari tanah suci. Namun, aturan membawanya diperketat mulai tahun ini.

"Kami mengimbau jemaah tidak sekali-kali memasukkan air zamzam (dalam koper bagasi). Karena ini berdasarkan regulasi keselamatan dan standar penerbangan internasional," kata Kepala Seksi Layanan Kedatangan dan Kepulangan Daerah Kerja Bandara Edayanti Dasril di Bandara Jeddah, Sabtu (25/6).

Pada tahun-tahun sebelumnya, kata Edayanti, jemaah masih diperbolehkan untuk membawa zamzam kemasan botol kecil. Tetapi mulai tahun ini, bila ada yang ketahuan membawa air zamzam, siap-siap dipenalti. Bukan hanya jemaah dan pemerintah, maskapai penerbangan juga akan diberi sanksi.

"Kalau tahun sebelumnya masih kita excuse soal bawa botol kecil zam zam maksimal tiga (botol), masih bisa kami bolehkan. Tapi tahun ini, kami dapat edaran dari otoritas penerbangan yang isi edarannya sangat keras," kata Edayanti.

Baca Juga: Dubes RI untuk Arab Saudi

Sebagai gantinya, jemaah akan mendapatkan 5 liter air zamzam secara gratis dari pemerintah yang akan diberikan saat jemaah tiba di embarkasi asal. Saat ini proses pengirimannya dari Arab Saudi ke Tanah Air sedang berlangsung.

"Ada beberapa yang sudah sampai di embarkasi. Aman. Setiap jemaah dapat zamzam 5 liter secara gratis dari pemerintah," ujar Edayanti.

Selain air zamzam, jemaah diminta tidak memasukkan barang berbahaya lainnya, seperti benda tajam, bahan mudah meledak, dan cairan. Cairan apabila bocor akan merusak dan mengganggu keselamatan penerbangan.

Baca Juga: Koailisi Indonesia Bersatu (KIB) Tolak Mengusung Capres dari Eksternal

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

Salman Rushdie Ditikam, Media Iran Puji Hadi Matar

Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:20 WIB

Amerika Serikat Terancam Alami Resesi

Jumat, 29 Juli 2022 | 07:27 WIB

Rusia Kian Ganas Menggempur Ukraina

Sabtu, 9 Juli 2022 | 23:57 WIB
X