• Minggu, 2 Oktober 2022

Amerika Serikat Terancam Alami Resesi

- Jumat, 29 Juli 2022 | 07:27 WIB
Ilustrasi resesi. //Pixabay/geralt /
Ilustrasi resesi. //Pixabay/geralt /

Jakarta, BPKPNEWS.COM -- Ekonomi Amerika Serikat (AS) terkontraksi 0,9 persen pada kuartal II 2022. Penurunan Produk Domestik Bruto (PDB) itu makin meningkatkan risiko resesi ekonomi yang akan dialami Negeri Paman Sam.

Sebelumnya, AS juga mencatat pertumbuhan ekonomi minus 1,4 persen pada kuartal I 20222 di tengah penurunan dana bantuan covid-19 dari pemerintah.

Kementerian Perdagangan AS menyebut kontraksi ekonomi ini merupakan yang pertama sejak resesi imbas pandemi hampir dua tahun lalu, didorong oleh defisit perdagangan karena lonjakan impor dan penurunan pasokan.

AS juga mengalami lonjakan inflasi belakangan ini. Tercatat, inflasi AS sempat menyentuh 9,1 persen pada Juni lalu. Inflasi itu merupakan yang tertinggi dalam 40 tahun terakhir.

Baca Juga: Diduga Semua SMA Tambah Rombel Baru, LBP2 Minta Ombusman Turun Tangan

Akibatnya, Bank sentral AS (The Fed) menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 basis poin demi mengatasi inflasi. Dalam pengumuman yang disampaikan oleh Gubernur bank sentral AS Jerome Powell pada Rabu (27/7) waktu AS, mereka mengatakan masih akan menaikkan suku bunga acuan lagi secara agresif demi mengatasi lonjakan inflasi tersebut.

Meski demikian, Presiden AS Joe Biden bersikeras ekonomi negaranya masih berada di jalur yang benar. Meskipun bukan definisi resmi, pertumbuhan negatif yang dialami sebuah negara dalam dua kuartal berturut-turut umumnya dipandang sebagai sinyal kuat bahwa resesi sedang berlangsung.

"(Tapi) Itu tidak terdengar seperti resesi bagi saya," katanya dalam sambutannya di Gedung Putih seperti dikutip dari AFP, Jumat (27/7).

Baca Juga: Inspektorat Kabupaten Ciamis Tindak Lanjuti Kasus Video Mesum Dua Orang Guru SD di Ciamis

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

Salman Rushdie Ditikam, Media Iran Puji Hadi Matar

Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:20 WIB

Amerika Serikat Terancam Alami Resesi

Jumat, 29 Juli 2022 | 07:27 WIB

Rusia Kian Ganas Menggempur Ukraina

Sabtu, 9 Juli 2022 | 23:57 WIB
X