• Selasa, 29 November 2022

Dalam Forum DEWG 2022, Johnny G Plate Usul Soal Keamanan Data Pengguna

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 22:44 WIB
Robot You You Teknologi 5G Resmi Diperkenalkan Pada Pembukaan Industrial Task Force DEWG Meeting G20. Menteri Kominfo Johnny G. Plate saat berbincang dengan Robot UU. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)
Robot You You Teknologi 5G Resmi Diperkenalkan Pada Pembukaan Industrial Task Force DEWG Meeting G20. Menteri Kominfo Johnny G. Plate saat berbincang dengan Robot UU. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

Jakarta, BPKPNEWS.COM -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membahas sederet isu digital dengan delegasi negara G20, di antaranya soal keamanan data pengguna.
Menkominfo Johnny G Plate mengatakan dalam pertemuan Digital Economy Working Group (DEWG) itu merumuskan usulan untuk dibahas dalam Presidensi KTT G20 November 2022.

"Mengidentifikasi adanya realitas kesenjangan digital yang mengkhawatirkan, kurangnya pemahaman kecakapan literasi dan keahlian digital, serta kebocoran data yang meningkat," kata Plate, Senin (29/8) di Nusa Dua, Bali.

Kominfo Bahas 3 Isu Prioritas di Pembukaan DEWG 2022
"(Kami) mengajak seluruh delegasi untuk merumuskan deklarasi untuk mengatasi tantangan masa depan digital," sambungnya.

Baca Juga: Jampidsus Kejagung : Kasus Dugaan Korupsi Surya Darmadi (SD) Rugikan negara Capai Rp 104 Triliun

Pertemuan keempat DEWG G20 dihadiri secara langsung oleh delegasi dari negara-negara anggota G20, kecuali delegasi dari Argentina yang hadir secara virtual.
Powered By

Sejumlah delegasi undangan juga hadir di forum keempat DEWG, antara lain Spanyol, Belanda, Singapura, Rwanda, Kamboja, dan Uni Emirat Arab (UAE).

Kemudian forum itu juga dihadiri oleh National Knowledge Partner Universitas Indonesia; Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Padjadjaran.

Selain isu data penduduk, konektivitas digital dan pemulihan pascapandemi covid-19 juga menjadi prioritas. Isu tersebut akan berfokus pengembangan konektivitas digital yang berpusat pada manusia.

isu prioritas selanjutnya ialah literasi digital dan keterampilan digital. Anggota G20, disebut Plate tengah merumuskan G20 toolkit untuk mengukur literasi digital dan keterampilan digital.

Baca Juga: Kejagung Pamerkan Barang Bukti Dugaan Korupsi Tersangka Surya Darmadi

Kemenkominfo menggelar pertemuan keempat DEWG di Bali pada 29 hingga 30 Agustus 2022. Forum itu membahas ihwal trasformssi digital serta kolaborasi digital antar negara G20.

Dalam gelaran itu ada 12 perusahaan teknologi swasta yang hadir di DEWG. Seluruh delegasi G20 yang hadir dapat bertukar ide hingga saling berkolaborasi.

Di sisi lain, di Indonesia kebocoran data masih menjadi salah satu masalah serius. Beberapa waktu lalu, data-data pelanggan Indihome, PLN, dan Jasa Marga diduga bocor di forum hacker. Plate sendiri mengakui, kebocoran data berlangsung hampir setiap detik. 

Plate mendorong penyelenggara sistem elektronik (PSE) untuk memperhatikan keamanan data pengguna. Dia ingin setiap PSE mempertebal keamanan digital dalam platform masing-masing.

"Tadi pun saya mengingatkan karena kebocoran itu setiap detik, setiap menit, setiap hari, maka tiga hal yang harus diperhatikan," kata Johnny di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis, (25/8).

(red/CNN)

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

Pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar Resmi Dimulai

Senin, 21 November 2022 | 00:16 WIB

Salman Rushdie Ditikam, Media Iran Puji Hadi Matar

Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:20 WIB

Amerika Serikat Terancam Alami Resesi

Jumat, 29 Juli 2022 | 07:27 WIB

Rusia Kian Ganas Menggempur Ukraina

Sabtu, 9 Juli 2022 | 23:57 WIB
X