Inilah waktu yang tepat Pemberian Vaksin Booster

- Minggu, 30 Januari 2022 | 12:13 WIB
Vaksin Booster Ilutrasi (Fotto : Kontan)
Vaksin Booster Ilutrasi (Fotto : Kontan)


Jakarta | BPKPNEWS.COM

Salah satu cara mencegah covid-19 varian omicron adalah vaksin booster, Studi menunjukkan vaksin booster memberikan perlindungan ekstra terhadap virus corona. Berikut waktu yang tepat vaksin booster.

ada dua kasus kematian akibat Omicron. Kenaikan kasus positif Covid-19 saat ini juga sudah menyentuh angka 7.000 kasus per hari, jadi Covid-19 varian omicron tidak bisa disepelekan 

"Kita ada dua kasus kematian, pertama [pasien] belum divaksin, kedua sudah divaksin tapi ada komorbid tidak terkendali. Kita harus segera vaksin, berkaca dari kasus kematian [dua pasien Covid-19 varian Omicron]. Kedua, meski sudah vaksin, ada komorbid, [komorbid harus terkendali]," kata Erlina Burhan, dokter spesialis paru RSUP Persahabatan, dalam konferensi pers bersama PDPI beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Dewan Pers : kasus Edy Mulyadi, Dewan Pers punya Wewenang Memeriksa Karya Jurnalistik serta kinerja Jurnalist

Erlina mendorong masyarakat yang sudah layak vaksin untuk segera vaksin ke sentra pelayanan vaksin terdekat. Bagi yang sudah menerima vaksinasi primer (dosis pertama dan kedua) sebaiknya disusul dengan booster (vaksin dosis ketiga).

Pada dasarnya, vaksinasi booster harus memenuhi syarat yakni jeda 6 bulan setelah vaksin dosis kedua. Selain itu, vaksin booster dapat dilakukan setelah mendapatkan tiket vaksin booster. Tiket vaksin booster bisa dicek di aplikasi Peduli Lindungi (klik nama akun Anda lalu cek vaccination history and ticket).

Akan tetapi ada kondisi tertentu sehingga waktu pemberian vaksin booster dapat berubah:

Ada tiket tapi jeda dari vaksin dosis kedua belum ada 6 bulan: booster ditunda sampai 6 bulan
Belum ada tiket booster: tunggu hingga ada tiket booster
Penyintas Covid-19 gejala berat: booster diberikan setelah 3 bulan sembuh
Penyintas Covid-19 gejala ringan/sedang: booster diberikan setelah 1 bulan sembuh.
Apa booster bisa mencegah infeksi Covid-19 varian Omicron?

Baca Juga: Ngatiyana Hadir Dalam Rapimkot Kadin Cimahi

"Bisa tapi tidak bisa berdiri sendiri. Perlu ikhtiar, ditambah dengan penerapan protokol kesehatan. Setelah booster, terdapat peningkatan antibodi yang mampu menetralisir virus. Nah kita tahu kalau ada paparan terus, virus lebih banyak sehingga sistem imun kalah. Vaksinasi tidak bisa berdiri sendiri. Booster hanya salah satu cara. Kalau booster saja ya enggak cukup," kata Erlina.

(CNN/AZ)

Editor: Asep Jubaeni Hamzah

Tags

Terkini

Para Ahli Mengingatkan Bahayanya Covid-19 Varian Omicron

Minggu, 13 Februari 2022 | 21:25 WIB

Kasus Terkonfirmasi Covid-19 terus Alami Lonjakan

Rabu, 9 Februari 2022 | 19:31 WIB

Inilah waktu yang tepat Pemberian Vaksin Booster

Minggu, 30 Januari 2022 | 12:13 WIB
X