L-BPKP Wajo, Bangunan Baru RS Siwa dan Puskesmas Kec.Kera Anggaran Miliaran Diduga Kerja Asal Asalan.

- Jumat, 28 Januari 2022 | 17:32 WIB
Plang Nilai Pagu proyek (foto : bpkpnews.com)
Plang Nilai Pagu proyek (foto : bpkpnews.com)

Wajo | BPKPNEWS.COM

 

Pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur Kesehatan merupakan kebutuhan utama masyarakat dalam rangka menjamin upaya pelayanan kesehatan.

Pemerintah Kabupaten Wajo melalui satuan kerja Dinas Kesehatan UPT Rumah Sakit Umum Daerah Siwa pada tahun anggaran 2021 membangun 2 (dua) unit gedung yaitu Pembangunan Gedung Rawat Inap Anak RSUD Siwa 2(dua) lantai, dengan nilai kontrak Rp.3.005.854.000,-- sumber dana DAK/APBD, kontraktor pelaksana : CV.NURUL MAIMUNAH sesuai nomor kontrak : 445/119/PPK/RSUD SIWA tanggal 01 Juli 2021.

Pembangunan Gedung Radiologi / Laboratorium RSUD Siwa 2(dua) lantai, dengan nilai kontrak Rp.2.048.163.000,-- sumber dana DAK/APBD, kontraktor pelaksana : CV.TRI. F. UTAMA sesuai nomor kontrak : 445/130/PPK/RSUD SIWA tanggal 01 Juli 2021.

Baca Juga: JRMK akan Tuntut Anis Baswedan Pada 2 Februari

Sehubungan dengan Pembangunan 2(dua) unit Gedung di Rumah Sakit Umum Daerah Siwa, pada hari kamis 27 Januari 2022 dari lembaga pemerhati Pembangunan infrastruktur yaitu Lembaga Badan Pemantau Kebijakan Publik (L-BPKP) DPC Kabupaten Wajo yang dipimpin lansung oleh Ketua Andi Ahmad Sumitro P, S.Sos di dampingi oleh Ketua Bidang Litbang Ir. Nasir Rahim melakukan survey dan investigasi teknik kedua bangunan gedung tersebut diatas.

Disela kesibukan dalam aktifitas fungsi kelembagaanya , kami dari Jurnalis SM diberi kesempatan untuk melakukan dialog, dalam Penjelasan bidang Litbang Ir Nasir Rahim “Walaupun bangunan tersebut sudah dinyatakan selesai dengan ditandai suatu proses Penyerahan secara administrasi yaitu Profesional Hand Over dan Final Hand Over (PHO/FHO), akan tetapi Gedung tersebut belum difungsikan atau digunakan oleh pihak RSUD Siwa.

Sampai saat dilakukan pemeriksaan teknis Selanjutnya penjelasan tim mengevaluasi kondisi bangunan gedung yang sangat memprihatinkan dikarenakan beberapa struktur bangunan mengalami keretakan atau terjadi patahan khususnya pada Gedung Rawat Inap Anak yaitu struktur Dinding lantai satu dan lantai dua sebagian besar mengalami keretakan atau patahan baik retakan bentuk horizontal maupun retakan bentuk vertical pada bagian pertemuan struktur dinding dengan Struktur Kolom Beton (Kolom utama dan Kolom praktis).

Halaman:

Editor: Asep Jubaeni Hamzah

Tags

Terkini

Libur Waisak Pantai Anyar dipadati Pengunjung

Senin, 16 Mei 2022 | 22:12 WIB
X