• Minggu, 2 Oktober 2022

Meriahkan HUT RI ke 77, Kampung Torobosan Mengadakan Karnaval

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 20:44 WIB
Warga kampung torobosan latihan untuk menyambut HUT RI ke 77
Warga kampung torobosan latihan untuk menyambut HUT RI ke 77

CIMAHI | BPKPNEWS.COM

Dalam rangka memeriahkan peringatan ke- 77 Hari Kemerdekaan RI, tanggal 17 Agustus 2022 warga Kampung Torobosan RW.12 Kelurahan Cipageran Cimahi Utara Kota Cimahi,  mengadakan berbagai acara, yang dimulai pukul 07.00 wib. Selasa (16/08/2022).

Untuk opening akan dibuka oleh Konfigurasi Tari 'Merah Putih' pimpinan Bunda Rita, dengan penata tari Oshin Sinthia, kemudian dilanjutkan dengan upacara HUT ke-77 RI bertempat di destinasi wisata Eco Wisata Cimenteng (EWIC) RW.12 Kampung Torobosan Cipageran Cimahi.

Selesai upacara, kemudian diadakan Helaran/Karnaval berupa arak-arakan Hajat Bumi berupa Jampana yang berisi 100 kilogram nasi tumpeng, hasil bumi berupa sayuran dan buah-buahan serta kuliner khas Kampung Torobosan lainnya.

Baca Juga: Launching Jersey, RAVARO FC Banyak Sponsor

Selain itu, untuk mengiringi jampana akan disajikan juga seni calung, bangkong reang, angklung, fashion show dari bahan bambu dan dedaunan, yang diiringi oleh Lengser Abah-Ambu, ibu, bapak yang berpakaian anak dan bayi, pramuka, kebaya dan berbagai 'kamonesan' lainnya yang menjadi ciri khas Kampung Torobosan.

Meriahkan HUT RI ke 77, Kampung Torobosan Mengadakan Karnaval


Karnaval / Helaran juga didukung oleh para mahasiswa yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah Kampung Torobosan, yaitu dari kampus ISBI Bandung, STIPAR YAPARI Bandung dan IKIP Siliwangi Cimahi.

Acara peringatan ke-77 HUT kemerdekaan RI tersebut diprakarsai oleh Karang Taruna RW.12 Kampung Torobosan, serta difasilitasi oleh tokoh masyarakat diantaranya Bapak Sumarno dan tokoh seni warga RW.12 Bapak Uden, bapak Dede Syarif HD D'Longser, Ibu Emas Sanggar Mutiara serta siswa-siswi SD dan SMP 11 yang berada di wilayah RW.12, juga dibawah tanggung jawab Ketua RW 12, para Ketua RT, ibu-ibu kader dan para warga Kampung Torobosan.

Baca Juga: Salman Rushdie Ditikam, Media Iran Puji Hadi Matar

Karnaval tersebut akan terpusat di Lapangan Cibaligo Cipageran, yang dijadikan lokasi peringatan HUT ke-77 RI tingkat kelurahan Cipageran.

Selain acara karnaval, acara puncak dilanjutkan dengan panggung lomba dan seni yang bertempat di wilayah kavling RW.12 sampai malam hari, dengan aneka kesenian.

Semoga peringatan ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI di wilayah Kampung Torobosan Cipageran Cimahi ini menjadikan Indonesia Bangkit, Kampung Torobosan Bangkit, setelah selama 2 tahun warga dunia terjangkit virus Covid-19.

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Launching PPM Kelurahan Utama Kota Cimahi

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:46 WIB

Libur Waisak Pantai Anyar dipadati Pengunjung

Senin, 16 Mei 2022 | 22:12 WIB
X