Festival KUKM Kota Cimahi Tahun 2022

- Sabtu, 5 November 2022 | 09:47 WIB
  Kepala Disdagkoperin Kota Cimahi Dadan Darmawan memberikan penghargaan dan Wisuda pelaku KUKM dalam acara Festival KUKM Kota Cimahi Tahun 2022
Kepala Disdagkoperin Kota Cimahi Dadan Darmawan memberikan penghargaan dan Wisuda pelaku KUKM dalam acara Festival KUKM Kota Cimahi Tahun 2022

CIMAHI | BPKPNEWS.COM

Dalam rangka memeriahkan hari Koperasi, Pemerintah Kota Cimahi menggelar acara Festival KUKM Kota Cimahi Tahun 2022, bertempat di Gedung Technopark jl. Baros Utama, pada Jumat (02/11/2022).

Acara yang di gelar dua hari Jumat-Sabtu (4-5 November) serta menampilkan beberapa kegiatan diantaranya, Pameran produk KUKM, Bazar, Pentas Musik dan Seni, Wisuda Wira Usaha Baru (WUB), dan berbagai macam jenis perlombaan.

Kepala Disdagkoperin Kota Cimahi Dadan Darmawan menyampaikan, bahwa hari ini Disdagkoperin Kota Cimahi melakukan kegiatan Festival KUKM Kota Cimahi Tahun 2022 dalam rangka memperingati hari koperasi dan KUKM Kota Cimahi.

Baca Juga: Hakim Ketua Ahmad Suhel Dengan Sempat Bicara dengan Nada Tinggi Dalam Persidangan kasus Ferdi Sambo

"Hari ini kita melaksanakan kegiatan dalam rangka hari Koperasi, karena koperasi dan umkm ini sangat erat kaitannya, kemudian juga ada beberapa kegiatan selain lomba-lomba yang sebetulnya melibatkan masyarakat koperasi, kami juga lakukan semacam wisuda untuk wira usaha baru", kata Dadan.

Lebih lanjut, bahwa kegiatan tersebut juga memberikan penghargaan bagi Wira Usaha Baru yang sekian bulan oleh mentor atau pendamping, baik pendamping KUKM Kota Cimahi atau UKM nya Juara Jawa Barat.

Sebanyak 135 KUKM Juara dan 255 KUKM Baru di Wisuda dalam acara Festival KUKM Kota Cimahi Tahun 2022


"Kita selesaikan wisudanya, sebagai tanda mentornya sudah selesai, dan wirausaha yang sudah di wisuda ini akan kita seleksi kembali di tahun berikutnya akan di ikutkan pendampingan di Jabar Juara, jadi tidak hanya sekedar seremoni saja, tapi memang program ini berkesinambungan", tegasnya.

Baca Juga: Walikota Bandung : Car Free Day (CFD) dI Beberapa Titik Di Kota Bandung Akan dibuka Kembali

Sikatakannya juga, bahwa dengan kegiatan seperti ini bisa menumbuhkan jiwa kompetisi sesama mereka pelaku KUKM dan bisa berupaya untuk lebih baik, dalam hal produknya, managementnya, dan segala macamnya, sehingga memacu mereka untuk berkembang lebih baik lagi.

"Nanti kita sebagai pendampingpun dari KUMM juaranya kenapa kita ambil praktisinya supaya umkm merasa lebih tercipta karena tidak hanya terbatas teori saja tetapi dengan propertes itu dia akan punya pengalaman bagaimana untuk memasarkan produknya, sehingga mereka lebih percaya", tandasnya.

Sejumlah 135 KUKM juara dan 255 KUKM baru dengan pendampingan ini bisa menjadi stimulus yang lain nya sehingga muncul yang baru lagi dan yang sudahpun bisa lebih berkembang lagi.

Baca Juga: Dinkes Kota Bandung : Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak Domisili Kota Bandung Berada di Angka Nol.

"Kami berharap bahwa program yang pemerintah Kota Cimahi ini bisa dayung bersambut, sehingga artinya program yang kita lakukan wirausaha baru di Kota Cimahi ini tidak hanya untuk program pendampingannya tetapi juga untuk legal formalnya semacam lebel halal nya, sehingga mereka ini legalitasnya ada", pungkasnya.

Aiman Labib, selaku Wira Usaha Baru (WUB) dari Kelurahan Cibeureum Cimahi Selatan, di Wisuda dalam acara Festival KUKM Kota Cimahi Tahun 2022


Ditempat yang sama, Aiman Labib, selaku Wira Usaha Baru (WUB) dari Kelurahan Cibeureum Cimahi Selatan, yang mendapatkan penghargaan dari usaha Es Syirup Ambon, dirinya bangga mendapatkan penghargaan dari Disdagkoperin Kota Cimahi.

"Alhamdulillah hari ini saya sudah menjalankan selama tiga bulan di WUB ini atas parkarsa Disdagkoperin Kota Cimahi, selaku pelaku WIB, saya dari UKM dan usaha saya sudah berjalan kurang lebih setahun lebih, sekarang peningkatan usaha sudah mulai meningkat", ujarnya.

Baca Juga: Pengadilan Negeri Bandung Putuskan Pemkot Bandung Pemilik Sah Lahan Kebun Binatang

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada para pembimbing khususnya Disdagkoperin Kota Cimahi bidang umkm, dari hasil bimbingan usahanya mendapatkan peningkatan.

"Untuk memotivasi umkm yang lainnya mudah-mudahan bisa bersabar untuk meningkatkan produknya sendiri, meningkatkan pangsa pasarnya masing-masing dan pada akhirnya meningkatkan penjualan", ungkapnya.

Disamping itu para pelaku UMKM dan Koperasi juga dipasilitasi untuk mempromosikan produknya di dalam stand bazar yang di sediakan panitia kegiatan. Kang Zaky salah satu dari pelaku usaha Koperasi Dekopinda mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat baik.

Baca Juga: Irma Suryani Chaniago Geram dengan Ketua Umum IDAI dalam Rapat Bahas Kasus Gagal Ginjal Akut

"Terimakasih kepada Disdagkoperin Kota Cimahi, yang telah mempasilitasi kami dari Koperasi untuk bisa berkegiatan di acara bazar KUKM dan acara festival KUKM Kota Cimahi 2022", ucapnya.

Kang Zaky "Kopi Lekoh dari Kota Cimahi, Mantap!", peserta bazar di Festival KUKM Kota Cimahi Tahun 2022


Kang Zaky juga menawarkan produk Kopi yang disuguhkan dan promosikan dalam stand bazarnya. Beberapa produk kopi yang diambil langsung dari petani dari Gunung Halu KBB dan Garut, Pangalengan dan Panglayang.

"Kami sediakan beragam kopi dari beberapa petani, dan produk kopi dari Gunung Halu yang lagi bagus bagusnya menjadi bestseller dari teman-teman pencinta kopi, karena dari itu kami bawa yang spesial di acara bazar ini. Terimakasih atas pasilitasnya dari Disdagkoperin, kami bisa ikut andil, bisa ikut berpromosi, dan memasarkan, sehingga ini menjadi sebuah kekayaan buat Kota Cimahi, Kopi Lekoh dari Kota Cimahi, Mantap!", pungkasnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Festival KUKM Kota Cimahi Tahun 2022

Sabtu, 5 November 2022 | 09:47 WIB

COD Dapat Diadopsi Pemkot dan DPRD Kota Cimahi

Kamis, 27 Oktober 2022 | 23:01 WIB

Launching PPM Kelurahan Utama Kota Cimahi

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:46 WIB
X