Kadis Kominfo Lampung Timur Diduga Gelapkan Anggaran Miliaran Rupiah*

- Jumat, 25 November 2022 | 18:03 WIB

Lampung Timur, BPKPNEWS.COM - Dinas Kominfo Kabupaten Lampung Timur diduga melakukan kegiatan fiktif menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lampung Timur Tahun 2021. Dugaan kegiatan fiktif Kominfo Lampung Timur itu diketahui dari beredarnya LKPj (Laporan Keterangan Pertanggungjawaban) tahun anggaran 2021 Dinas Kominfo Lampung Timur. Tidak tanggung-tanggung, kerugian negara akibat kegiatan yang diduga kuat fiktif tersebut mencapai miliaran rupiah.

Ketua DPC PPWI Lampung Timur, Bung Sofyan, menjelaskan kepada kawan-kawan media tentang indikasi kegiatan fiktif yang menggunakan dana APBD miliaran rupiah itu. "Terkait kegiatan yang diduga fiktif tersebut adalah berbentuk kegiatan Konferensi Pers. Besaran jumlah anggaran kegiatan Konfrensi Pers yang diduga fiktif tersebut ada di dalam anggaran Sub Kegiatan Layanan Hubungan Media yang dianggarkan sebesar Rp. 1.074.189.300,- (satu miliar tujuh puluh empat juta seratus delapan puluh sembilan ribu tiga ratus rupiah). Dari jumlah itu, direalisasikan penggunaan anggarannya sebesar Rp. 1.039.303.000,- (satu miliar tiga puluh sembilan juta tiga ratus tiga ribu rupiah)," terang Sofyan, Kamis, 24 November 2022.

Atas dasar LKPJ tersebut, Pengurus PPWI Cabang Lampung Timur, Bung Sofyan, bersama awak media lainnya mendatangi Kantor Dinas Kominfo Lampung Timur untuk mengkonfirmasi dugaan kegiatan Konferensi Pers fiktif dimaksud. Namun Kadis Kominfo inisial MSR maupun Sekretaris Kominfo berinisial HAY, tidak berada di tempat. Saat dihubungi via telepon genggamnya, kedua pejabat itu tidak mengangkat telepon.

Baca Juga: Djamu Kertabudi, Korpri Harus Mampu Berkontribusi Lebih Baik Untuk Kepentingan Masyarakat Bangsa dan Negara

Tidak putus asa, Sofyan dan awak media kemudian melakukan wawancara terhadap salah satu pegawai Kominfo Lampung Timur, sebut saja namanya Kenji. Diketahui bahwa staf pegawai ini bertugas melakukan peliputan terkait kegiatan Konferensi Pers di kantornya.

Kenji menjelaskan bahwa pada tahun 2021 sampai dengan hari ini (Kamis, 24 November 2022) tidak ada kegiatan Konferensi Pers di Media Center Kominfo Lampung Timur. “Untuk tahun 2021-2022 di Media Center Kominfo tidak ada kegiatan Konferensi Pers, dan Media Center ini sudah lama tidak ada kegiatan Konferensi Pers. Nanti saya tanya dulu Pak Mamang (nama samaran) yang bertugas mengedit Video Konferensi Pers, kapan terakhir Media Center Kominfo mengadakan Konferensi Pers,” jelas Kenji, Kamis, 24 November 2022.

Melalui sambungan telepon, Mamang menjelaskan bahwa tidak ada kegiatan Konferensi Pers di Media Center Kominfo Lampung Timur selama Pak Dawam Rahardjo (Bupati Lampung Timur saat ini - red) menjabat Bupati. Terakhir ada kegiatan Konferensi Pers pada saat Pak Saiful (Mantan Bupati Lampung Timur) menjabat sebagai Bupati di Kabupaten Lampung Timur.

Baca Juga: Pemkot Bandung Intruksikan Rumah Sakit Menjadi Fasilitas Pelayanan Kesehatan Rujukan Korban Gempa Cianjur

“Pada tahun 2021 – 2022 kegiatan Konferensi Pers sama sekali tidak ada, terakhir Konferensi Pers di Media Center Kominfo pada saat Pak Saiful menjabat Bupati Lampung Timur,” terang Mamang, Kamis, 24 November 2022.

Menjelang akhir wawancara, Kenji menegaskan kembali bahwa benar Media Center Kominfo Lampung Timur sudah lama tidak ada Konferensi Pers. “Saya sudah lama tidak meliput kegiatan Konferensi Pers, saya meliput Konferensi Pers waktu Bu Nunik dan Pak Saiful menjabat Bupati Lampung Timur. Sejak Pak Dawam menjabat tidak ada kegiatan Konferensi Pers,” tutup pria yang tidak ingin nama dan identitasnya dipublikasikan itu.

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

Festival KUKM Kota Cimahi Tahun 2022

Sabtu, 5 November 2022 | 09:47 WIB

COD Dapat Diadopsi Pemkot dan DPRD Kota Cimahi

Kamis, 27 Oktober 2022 | 23:01 WIB

Launching PPM Kelurahan Utama Kota Cimahi

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:46 WIB
X