Menarik Untuk Disimak, Fraksi Nasdem Menolak RAPBD 2023

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:31 WIB
Djamu Kertabudi, Menarik Untuk Disimak, Fraksi Nasdem Menolak RAPBD 2023
Djamu Kertabudi, Menarik Untuk Disimak, Fraksi Nasdem Menolak RAPBD 2023

CIMAHI | BPKPNEWS

-Menarik untuk disimak, baru-baru ini Fraksi Nasdem DPRD Kota Cimahi menyikapi nota pengantar RAPBD 2023 yang disampaikan Pj. Walikota Cimahi sebagaimana tertuang dalam Pandangan Umum Fraksi menyampaikan penolakan terhadap RAPBD 2023 Kota Cimahi dalam Rapat Paripurna DPRD yang digelar pada hari Rabu 30 Nopember 2022.

Hal ini merupakan penomena baru dalam proses dinamika pembahasan RAPBD antara Kepala Daerah dengan DPRD. Pertanyaannya, sejauh itukah ruang lingkup substansi dalam produk pandangan umum Fraksi ?.

Padahal belum dilakukan pembahasan antara unsur Pemda melalui TAPD (Tim Anggaran Pemda) dengan DPRD melalui Badan Anggaran.

Baca Juga: Polres Sukabumi Gelar Press Rilis Oprasi Antik Lodaya 2022

Satu hal yang patut digarisbawahi bahwa penolakan terhadap RAPBD dapat dilakukan baik oleh pihak DPRD maupun Kepala Daerah apabila saat pembahasan antara pihak TAPD dengan pihak Badan Anggaran DPRD menemui jalan buntu dan tidak ada titik temu, kemudian dilanjutkan pembahasan ditingkat pimpinan , dan juga tidak ada kata sepakat, maka DPRD melalui Rapat Paripurna DPRD atas penyampaian Kata Akhir Fraksi-Fraksi secara resmi dapat menyampaikan penolakan terhadap RAPBD.

Juga sebaliknya, apabila Kepala Daerah tidak menerima koreksi atau tambahan beban RAPBD yang diajukan pihak DPRD, maka Kepala Daerah dapat menolaknya.

Oleh karena itu, apabila terjadi demikian, maka anggaran tahun 2023 Kota Cimahi memberlakukan besaran APBD Tahun sebelumnya (2022) setelah mendapat evaluasi Gubernur.

Baca Juga: Kabar Duka, Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan Meninggal Dunia

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Festival KUKM Kota Cimahi Tahun 2022

Sabtu, 5 November 2022 | 09:47 WIB

COD Dapat Diadopsi Pemkot dan DPRD Kota Cimahi

Kamis, 27 Oktober 2022 | 23:01 WIB

Launching PPM Kelurahan Utama Kota Cimahi

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:46 WIB
X