• Selasa, 5 Juli 2022

Sufmi Dasco : Terkait Penundaan Pemilu 2024, Gerindra masih Mengamati

- Selasa, 1 Maret 2022 | 23:49 WIB
Politisi Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad  (Foto : Law Justice.co)
Politisi Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad (Foto : Law Justice.co)

Jakarta | BPKPNEWS.COM

Wacana Penundaan Pemilu 2024 yang di inisiasi oleh Ketua umum PKB Muhaimin Iskandar menimbulkan pro kontra dikalangan elit Partai.  Ketua Harian DPP Partai Gerindra menyatakan partainya masih mengamati wacana penundaan Pemilu 2024. Menurut Dasco, pihak yang mengusulkan penundaan ini sebenarnya turut menyepakati gelaran pesta demokrasi itu.

"Dari Gerindra itu kan baru wacana, wacana di media. Bukan melalui proses politik di DPR atau MPR. Nah, oleh karena itu baru wacana-wacana, ya kita pikir tidak perlu ditanggapi oleh Gerindra. Jadi sementara Partai Gerindra, ya kita mengamati saja di media," ujar Dasco pada wartawan di Komplek DPR, Selasa (1/3).

Ia mengatakan Gerindra akan memberikan tanggapan ketika sudah ada proses politik yang jelas di DPR.

Baca Juga: Poliitikus PPP : Jangan cari Alasan untuk Menunda Jadwal Pemilu 2024

"Kecuali apabila ada proses politik, itu baru ada tanggapan dan itu pun adalah kewenangan ketua umum Partai Gerindra yaitu Pak Prabowo," kata Dasco.

Dasco menyampaikan hingga kini belum ada perbincangan mengenai penundaan pemilu di internal Partai Gerindra. Karena itu, wacana deklarasi Prabowo Subianto sebagai presiden pun akan tetap dilakukan sesuai rencana.

"Itu kan memang sudah rencana lama ya, untuk melakukan deklarasi, tapi kan kita belum tahu tanggal, bulan dan waktunya. Kita akan rapatkan, nanti kalau sudah pasti, ya kan teman-teman media diundang," ujar Dasco.

Baca Juga: Surya Paloh : Nasdem Menolak Penundaan Pemilu 2024

Lebih jauh ia juga menyentil bahwa penyelenggaraan Pemilu 2024 sudah disepakati oleh semua partai di DPR, termasuk pihak-pihak yang mengusulkan penundaan.

"Iya kan kalau kesepakatan DPR, ya iya kan semua partai. Sudah sepakat, termasuk yang ngusulin penundaan kan sebenarnya sudah sepakat, kan gitu," kata Wakil Ketua DPR RI itu.

Wacana penundaan Pemilu mencuat setelah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyampaikan usulan itu pada Rabu (23/2). Dia menilai penundaan pemilu penting demi pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: PP Muhammadiyah Kritik Rencana Pemilu 2024 ditunda

Sejumlah parpol di parlemen pun telah menyatakan sikap terhadap usulan penundaan pemilu yang disampaikan Cak Imin.

PAN belakangan telah memberi dukungan. Sementara Golkar menilai wacana tersebut realistis dan rasional. Sedangkan PKS, Demokrat, Nasdem, PDIP, menolak. Lalu, PPP belum menyatakan sikap.

Parpol-parpol itu, melalui fraksi-fraksi di DPR, merupakan pihak yang sudah menyepakati gelaran Pemilu 2024 seperti yang tertuang dalam UU Pemilu.

(CNN/AZ)

Editor: Asep Jubaeni Hamzah

Tags

Terkini

Probowo jadi Radar PKS dalam Pilpres 2024

Selasa, 21 Juni 2022 | 23:58 WIB

Politikus Demokrat Ancam Bongkar Kejahatan SBY

Kamis, 2 Juni 2022 | 22:39 WIB
X