• Selasa, 4 Oktober 2022

KPK Tetapkan Tersangka baru Dugaan Suap Dana PEN

- Rabu, 15 Juni 2022 | 23:40 WIB
20180703-kpk-1
20180703-kpk-1

Jakarta, BPKPNEWS.COM-- Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengembangkan kasus dugaan suap pengajuan pinjaman dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan kembali menetapkan tersangka.
Hal itu disampaikan oleh Plt Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri. Namun Ali belum menyampaikan identitas tersangka tersebut.

"KPK kembali tetapkan tersangka baru dalam perkara dugaan suap dana PEN," ujar Ali melalui keterangan tertulis, Rabu (15/6).

Berdasarkan kecukupan minimal dua alat bukti, terang Ali, diduga ada keterlibatan pihak-pihak lain baik selaku pemberi maupun penerima suap dalam perkara dimaksud.

"Mengenai identitas pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka, Pasal yang disangkakan maupun uraian dugaan perbuatan pidana yang dilakukan, akan kami sampaikan pada saat upaya paksa penangkapan dan penahanan dilakukan," ucap Ali.

Baca Juga: Kasus Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), KPK Berencana Periksa Bupati Muna

Ia memastikan KPK akan memberi informasi kepada masyarakat terkait penyidikan perkara ini.

"Perkembangan dari setiap kegiatan penanganan perkara ini akan selalu kami informasikan pada masyarakat. KPK berharap dukungan masyarakat untuk turut serta mengawasi proses penanganan perkara ini," kata juru bicara berlatar belakang jaksa tersebut.

Terkait kasus dugaan suap pengajuan pinjaman dana PEN, KPK sebelumnya memproses hukum tiga orang tersangka.

Yakni mantan Direktur Jenderal Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Mochamad Ardian Noervianto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muna Laode M. Syukur Akbar, dan Bupati Kolaka Timur nonaktif Andi Merya Nur.

Baca Juga: Polri Bentuk Satgas Cegah Politik Identitas di Pemilu 2024

Ardian diduga telah menerima suap Rp1,5 miliar sebagai pemberian awal terkait pengurusan pinjaman dana PEN Daerah tahun 2021 Kabupaten Kolaka Timur.

(CNN/red)

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

Ajudan dan Sopir Istri Sambo DItetapkan Ditahan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 23:51 WIB
X