• Senin, 3 Oktober 2022

Sederet Tokoh Nasional Dimunculkan dalam Rakernas Partai Nasdem untuk Diusung sebagai Bakal Capres 2024

- Jumat, 17 Juni 2022 | 23:50 WIB
Rakernas Partai Nasdem (Poto : Pojoksatu.com)
Rakernas Partai Nasdem (Poto : Pojoksatu.com)

Jakarta, BPKPNEWS.COM--Tinggal menunggu hitungan jam, Partai NasDem bakal mengumumkan tiga nama kandidat calon presiden (Capres) yang telah dihimpun dari usulan setiap Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dari 34 Provinsi pada rapat kerja nasional (rakernas) 2022.

Sederet tokoh baik internal partai maupun eksternal telah diusulkan untuk kemudian diumumkan sebagai tiga kandidat sebagai Capres dari partai besutan Surya Paloh, pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 nanti.

 Tercatat nama besar yang sudah malang melintang dengan elektabilitas cukup tinggi turut diusulkan. Adapun sorotan pemilik usulan tertinggi dari DPW jatuh pada; Gubernur DKI Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sementara untuk nama yang tak ada diusulkan meski memiliki nama yang cukup mumpuni dari sejumlah survei, yaitu Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Lantas bagaimana dampak skema politiknya bagi NasDem?

 Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menilai, tidak masuknya nama Prabowo Subianto dan AHY dari usulan DPW sudah menjadi pilihan realistis yang tepat bagi partai tersebut.

"Tidak masuk (Prabowo dan AHY dalam Capres Rakernas), sudah benar realistis," ujar Hanta usai pemaparan strategi pemilu dalam sidang komisi Rakernas di JCC, Senayan Jakarta Pusat, Kamis (16/6).

Hanta yang sudah memaparkan bagaimana gambaran peta politik pada Pemilu maupun Pilpres 2024 kepada para kader NasDem itu, menilai jika alasan tidak diusulkan dua nama tersebut karena baik Prabowo maupin AHY merupakan figur ketum partai yang sudah melekat identitas partainya masing-masing.

"Karena dia udah punya partai, NasDem realistis ngapain ngambil figur yang terasosiasi kuat ketum partainya. Jadi faktor Prabowo Ketum partai, kedua AHY juga ketum partai itu yang saya baca," tuturnya.

 Sedangkan untuk nama Anies maupun Ganjar yang juga mendapatkan usulan terbanyak dari DPW, adalah figur yang tepat sebagai nama baru yang bisa jadi opsi sebagai tiga kandidat capres yang seharusnya diusulkan NasDem nantinya.

"Kedua NasDem baca dari kekuatan elektabilitas Anies dan Ganjar lebih prospektif. Karena figur baru dan mereka bukan ketum, kalau Prabowo figur lama. Meski tentu masih punya basis masih cukup kuat tapi beliau Ketum Gerindra," tuturnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

Demokrat Lirik Anis Baswedan Untuk Maju Di Pilpres 2024

Jumat, 16 September 2022 | 23:21 WIB

Gratifikasi AMP, Antara Ruang Gelap dan Terang

Kamis, 18 Agustus 2022 | 21:53 WIB

Kelakar Guyonan Ngatiyana Saat di Tanya Wartawan

Jumat, 5 Agustus 2022 | 08:34 WIB

Agung Yudaswara ST Jadi Ketua DPC PDIP Kota Cimahi

Selasa, 2 Agustus 2022 | 18:45 WIB
X