• Senin, 25 September 2023

Koailisi Indonesia Bersatu (KIB) Tolak Mengusung Capres dari Eksternal

- Minggu, 26 Juni 2022 | 10:02 WIB

Jakarta, BPKPNEWS.COM- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) besutan Partai Golkar, PAN dan PPP menegaskan jika pihaknya akan mengusung calon presiden (capres) di Pemilu 2024 hanya dari pihak internal partai yang tergabung dalam KIB.

KIB pun mencoret nama-nama eksternal yang selama ini beredar di publik diantaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dari daftar tokoh yang akan diusung sebagai bakal capres untuk bertarung di Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPP PPP Syarifah Amelia. Sebab, Prabowo dan Ganjar keduanya tidak bergabung dengan KIB.

“Tentu tidak (diusung) karena itu di luar koalisi. Jadi seperti yang kita sampaikan kalau PPP sendiri terkait KIB kami berharap kader terbaik yang ada di dalam KIB (untuk diusung),” katanya saat diwawancarai di Jakarta Selatan, Jumat (24/6).

Baca Juga: Partai Gerindra dan PKB Segera Deklarasi Capres dan Cawapres

Lebih lanjut, Amelia menyampaikan bahwa KIB akan fokus mempersiapkan kader internal dari PPP, PAN dan Golkar sebelum melirik tokoh eksternal.

"Tentu tidak benar (mengusung Ganjar). Karena yang pertama, marwah kita adalah mendukung kader-kader internal," kata Amelia.

Lebih lanjut, Amelia mengatakan, KIB memiliki sosok terbaik yang siap diusung untuk menjadi capres. Di antaranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua PPP Suharso Monoarfa.

"Kemudian juga beberapa waktu lalu PDIP menegaskan bahwa kader-kadernya itu tidak membukakan pintu untuk diusung oleh koalisi atau partai lain. Sehingga ini jawaban dari kedua belah pihak sudah menutup pintu untuk itu," ungkapnya.

Baca Juga: Prabowo Enggan buka Isi Pertemuan dengan Ketum Partai Demokrat

Namun, Amelia mengaku KIB saat ini masih membuka komunikasi dengan Partai NasDem. Menurutnya jika komunikasi KIB dengan Nasdem menemukan titik temu, maka kemungkinan terjalin koalisi dengan poros Surya Paloh sangat terbuka.

“Komunikasi kita tidak tertutup. Kalau seandainya ada komunikasi dengan NasDem, tentu akan ada kemungkinan. Itikad KIB tetap membuka diri,” tuturnya.

Kendati demikian, Amelia menyampaikan ada kemungkinan bakal menarik tokoh dari luar KIB untuk diusung sebagai pasangan capres-cawapres.

Namun sejauh ini, pihaknya masih memilih tokoh-tokoh di dalam internal KIB untuk diusung maju sebagai capres-cawapres.

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

Bupati Sukabumi Hadiri Acara Musda Ke-IV DPD PPNI

Sabtu, 2 September 2023 | 23:02 WIB

Prabowo : Aroma Penghianatan tercium akhir-akhir ini

Sabtu, 2 September 2023 | 22:58 WIB
X