• Minggu, 2 Oktober 2022

PKS Berikan SInyal Merapat Ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)

- Rabu, 6 Juli 2022 | 23:19 WIB
Para Ketua Umum Partai Yang tergabung  dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) (Istimewa)
Para Ketua Umum Partai Yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) (Istimewa)

Jakarta, BPKPNEWS.COM -- Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily angkat bicara merespons keterbukaan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bergabung dalam koalisi dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Pilpres 2024. Menurutnya, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto senantiasa menjalin komunikasi dengan para elite PKS.

Bahkan, dia bilang, Airlangga pernah menyatakan, tujuan Golkar dan PKS sama walaupun saat ini berbeda langkah politik, yakni mewujudkan kesejahteraan.

"Tentu kami sangat terbuka jika PKS berkeinginan untuk bergabung dalam KIB. Komunikasi kami sangat baik dengan PKS, walaupun PKS belum menentukan pilihan koalisinya akan bergabung ke mana," kata Ace kepada CNNIndonesia.com, Rabu (6/7).

Ia menjelaskan, pihaknya memiliki platform politik yang sangat jelas dalam pendirian KIB, yaitu koalisi yang mengedepankan gagasan dan ide, bukan politik identitas. Menurutnya, hal itu harus menjadi panduan dalam perjuangan politik dan strategi politik dalam pemenangan politik 2024 ini. 

Baca Juga: ACT Kirim Surat Resmi ke Kemensos Agar Membatalkan Surat Pencabutan Izin Penyelengaraan PUB

Senada, Waketum Golkar Firman Soebagyo berkata, koalisi antarpartai politik merupakan sebuah hal yang lazim dan selalu dilakukan dalam menghadapi Pilpres 2024. Menurutnya, setiap parpol harus membangun koalisi dengan parpol lain yang memiliki visi dan misi yang sama.

"Dalam pilpres, koalisi sesuatu yang lazim terjadi setiap pemilu. Jadi, memang suka tidak suka, mau tidak mau masing-masing partai harus mencari koalisi yang dianggap satu visi dan misi yang sama," ucap Firman kepada CNNIndonesia.com.

Ia mengatakan kemungkinan PKS bergabung dengan KIB tidak tertutup, selama memiliki visi dan misi yang sama.

"Oleh karena itu, koalisi ini tidak menutup kemungkinan terjadi tinggal nanti prosesnya seperti apa, karena kalau visi dan misi tidak sama kan sulit untuk bergabung," ujarnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

Demokrat Lirik Anis Baswedan Untuk Maju Di Pilpres 2024

Jumat, 16 September 2022 | 23:21 WIB

Gratifikasi AMP, Antara Ruang Gelap dan Terang

Kamis, 18 Agustus 2022 | 21:53 WIB

Kelakar Guyonan Ngatiyana Saat di Tanya Wartawan

Jumat, 5 Agustus 2022 | 08:34 WIB

Agung Yudaswara ST Jadi Ketua DPC PDIP Kota Cimahi

Selasa, 2 Agustus 2022 | 18:45 WIB
X