• Minggu, 2 Oktober 2022

Muncul 9 Nama Bakal Calon Presiden Hasil Rakernas PAN Ke-3 untuk Pilpres 2024

- Senin, 29 Agustus 2022 | 08:17 WIB
Rakernas PAN, 9 Nama Bakal Calon Presiden 2024 Diusulkan (IST/PR)
Rakernas PAN, 9 Nama Bakal Calon Presiden 2024 Diusulkan (IST/PR)

Jakarta, BPKPNEWS.COM -- Partai Amanat Nasional (PAN) telah menggelar rapat kerja nasional ketiga (Rakernas III) pada akhir pekan lalu dengan memunculkan nama-nama rekomendasi Pilpres 2024.
Setidaknya ada sembilan nama yang terbagi ke dalam tiga klaster untuk diajukan guna disaring dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PAN.

Sembilan rekomendasi nama itu diumumkan langsung oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat menutup rapimnas di Jakarta, Sabtu (27/8) malam lalu.

Sembilan nama tersebut dibagi dalam tiga kluster, yakni kluster Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), klaster teknokrat, dan klaster kepala daerah.

Klaster KIB dan Puan Maharani
Berisi para ketua umum dalam koalisi Indonesia baru yakni Zulkifli Hasan selaku Ketum PAN, lalu Ketua Umum Golkas Airlangga, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa.

Baca Juga: Menanti Putusan MK Kembalikan Hak Regulator Kepada Organisasi Pers

"Pertama, PAN saat ini sudah berada dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Koalisi ini harus punya peran dalam kontestasi politik mendatang. Semua ketua-ketua partai dalam KIB bisa kita dorong. Pertama, saya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, kedua Pak Airlangga [Airlangga Hartarto] dari Partai Golkar. Pak Suharso Monoarfa dari PPP," tutur Zulhas dalam pidatonya.

Selain tiga nama tersebut, ia mengatakan pihaknya pun dalam rakernas itu mempertimbangkan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Namun, saat nama Puan disebut, berdasarkan pantauan, massa PAN yang hadir di rakernas itu menyoraki perempuan yang juga Ketua DPR itu.

Klaster Teknokrat
Dari unsur teknokrat, nama pengusaha yang kini menjadi Menteri BUMN, Erick Thohir, santer disuarakan oleh kader-kadernya untuk direkomendasikan ke 2024.

"Kedua, unsur teknokrat. Kader-kader PAN dari berbagai daerah melihat sosok Menteri BUMN, Erick Thohir, untuk maju dalam pilpres 2024," jelas Zulhas.

Baca Juga: Berbuat Mesum, Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Fraksi PKB Berakhir Pemecatan

Kemudian dari kluster kepala daerah, sejumlah nama populer muncul dan didukung oleh anggota partainya di berbagai wilayah. Kebetulan pula nama-nama kepala daerah yang diusulkan itu semuanya ada di Pulau Jawa, dan masa jabatan mereka berakhir sesuai tenggat waktu masing-masing sebelum 2024.

"Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ada Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa," ujar Zulhas.

"Demikianlah usulan PAN, ada 9 nama yang kami usulkan. Nama-nama yang telah disebutkan tadi," imbuhnya.

Zulhas menyebut pihaknya belum memutuskan siapa yang akan diusung sebagai Capres dari nama-nama yang direkomendasikan tersebut.

Setelah direkomendasikan dalam Rakernas, nama-nama tersebut nantinya akan disaring kembali untuk nantinya diusung sebagai Calon Pemimpin Nasional yang diusung PAN.

(red/CNN)

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

Demokrat Lirik Anis Baswedan Untuk Maju Di Pilpres 2024

Jumat, 16 September 2022 | 23:21 WIB

Gratifikasi AMP, Antara Ruang Gelap dan Terang

Kamis, 18 Agustus 2022 | 21:53 WIB

Kelakar Guyonan Ngatiyana Saat di Tanya Wartawan

Jumat, 5 Agustus 2022 | 08:34 WIB

Agung Yudaswara ST Jadi Ketua DPC PDIP Kota Cimahi

Selasa, 2 Agustus 2022 | 18:45 WIB
X