Dani Nurahman : Pendidikan Sejak Dini sangatlah Krusial

- Kamis, 19 Januari 2023 | 10:32 WIB
Kota Bandung, BPKPNEWS.COM - Ngobrol Informasi dan Edukasi bersama Kabid Pembangunan Sapras SMP Disdik Kota Bandung, H Dani Nurahman M.Ap., S.Ap., perihal pentingnya pendidikan. 
 
Selain menjadi sarana untuk menambah wawasan, pendidikan bisa mengasah kemampuan seseorang dalam menyelesaikan masalah, meningkatkan perekonomian, hingga menciptakan kesempatan kerja yang lebih baik, jelas Dani di ruang kerjanya jalan Ahmad Yani Bandung, Kamis, 19/01.
 
Lanjut Dani mengatakan, bahwa masih banyak sebagian orang mungkin masih meremehkan manfaat pendidikan di dalam kehidupannya.
 
"Menanamkan pentingnya pendidikan sejak dini sangatlah krusial dan sebaiknya tidak diabaikan," imbaunya.
 
 
Oleh karena itu, simaklah penjelasan Dani Nurahman mengenai penting dan manfaat pendidikan yang perlu dipahami.
 
1. Menjadi fondasi masa depan
Pendidikan yang baik bertindak seperti fondasi pada diri yang dapat membentuk masa depan cerah. Lewat pendidikan, Anda akan belajar mengolah kemampuan kognitif sekaligus social, dan mempersiapkan diri untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
 
2. Membangun karakter
Pendidikan bukan hanya melulu berkutat pada pelajaran sesuai kurikulum, seperti matematika atau sejarah, tetapi juga pembangunan karakter.
 
Dengan pendidikan yang layak, seseorang akan dilatih untuk memiliki kepribadian yang baik sesuai yang harapan masyarakat.
 
3. Memaksimalkan potensi
Makna pendidikan bagi manusia selanjutnya adalah memaksimalkan potensi atau bakat yang dimiliki seseorang.
 
Setiap orang memiliki potensi atau karakternya masing-masing yang dapat dimaksimalkan melalui sarana pendidikan yang tepat.
 
Seseorang yang mendapat pendidikan sejak dini berpeluang untuk hidup dengan lebih mandiri sekaligus mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.
 
 
4. Meningkatkan taraf hidup
Lewat pendidikan, seseorang akan memiliki kesempatan di masa depan untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik dibanding saat ini.
 
Pentingnya pendidikan tinggi tersebut mungkin tidak akan bisa dilihat dalam waktu dekat, tetapi manfaatnya dapat dipetik ketika seseorang masuk ke dalam dunia kerja dan berhasil mendapatkan penghasilan yang mampu meningkatkan taraf hidupnya.
 
5. Mengurangi angka kejahatan
Sebuah riset yang dilakukan di Amerika Serikat menyatakan anak yang teredukasi dengan baik memiliki kemungkinan lebih kecil untuk melakukan tindak kriminal dan masuk penjara. Sebaliknya, persentase kriminalitas semakin tinggi jika anak tidak sekolah atau putus sekolah sebelum lulus SMA.
 
"Di Indonesia sendiri, pemerintah mewajibkan anak belajar selama 12 tahun yang dimulai sejak tingkat SD," tandasnya.
 
"Semoga pendidikan di Indonesia semakin baik dan maju," pungkasnya.
(red)

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Terkini

Amanat Ketua DPD PUI Kota Cimahi di Milad Ke 105

Rabu, 21 Desember 2022 | 10:11 WIB

Penulisan Berita Dengan Unsur 5W 1H

Selasa, 18 Oktober 2022 | 10:21 WIB

Potensi Dunia Yang Diabaikan

Jumat, 9 September 2022 | 04:55 WIB
X