• Selasa, 4 Oktober 2022

Ulah Oknum Dewan Pers, Koalisi Wartawan Bersatu gelar Unjuk Rasa di Mabes Polri dan Dewan Pers

- Selasa, 22 Maret 2022 | 15:59 WIB
Seruan Aksi Unjuk Rasa dari  Koalisi Wartawan Bersatu (Foto : bpkpnews.com)
Seruan Aksi Unjuk Rasa dari Koalisi Wartawan Bersatu (Foto : bpkpnews.com)

JAKARTA – BPKPNEWS.COM

Para aktifis dan pemerhati kewartawanan, terdiri dari tiga elemen Pers Indonesia, diantaranya wartawan, organisasi pers, industri pers serta LSM BPKP membentuk koalisi bersama yang dinamakan “Koalisi Wartawan Bersatu”.

Koalisi ini ingin bertemu dan bertatap muka langsung dengan Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh dan Kapolri, Jendral Listyo Sigit Prabowo untuk menjelaskan keadaan dan kondisi Pers Indonesia yang dinilai telah terjadi diskriminasi terhadap insan pers dalam menjalankan tugas dan fungsi pers di lapangan.

Salah satu yang ingin disampaikan mengenai dugaan adu domba sesama elemen Pers oleh seseorang yang disinyalir telah membuat kegaduhan dan dapat menciptakan konflik yang berkepanjangan.

Baca Juga: Berkas Perkara 4 Pelaku Penganiayaan Wartawan Ditelaah Jaksa Penuntut Umum Kejati Sumut

Hal ini sudah terkonfirmasi oleh wartawan sinarpagibaru.id kepada Romli selaku Kordinator Lapangan (Korlap) Koalisi Wartawan Bersatu yang merencanakan aksi pada hari Kamis, 24 Maret 2022, di dua titik yakni Kantor Dewan Pers dan Mabes Polri di Jakarta.

Dia menjelaskan bahwa koalisi ini muncul karena dipicu oleh statement Iskandar Zulkarnain sebagai Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung yang juga mengklaim ahli pers Dewan Pers, menanggapi penangkapan Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, di Polres Lampung Timur beberapa waktu lalu.

Orang itu (Iskandar Zulkarnaen-red) menyebut Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan Verifikasi Media adalah produk Undang Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers. Hal itu dinilai kawan-kawan aktifis pers sangat sangat keliru, membuat gaduh, dan ingin mengadu domba elemen pers, tegas Romli, Senin, (24/03/2022).

Terkait aksi, Romli menerangkan, pihaknya sudah membuat surat pemberitahuan akan ada aksi ke pihak kepolisian, dengan empat tuntutan yakni:

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

MA Prihatin Dengan Tertangkapnya Hakim Agung Oleh KPK

Sabtu, 24 September 2022 | 00:02 WIB

Tiga Partai Politik Jajaki Koalisi Usung Capres 2024

Senin, 19 September 2022 | 00:50 WIB
X