• Rabu, 10 Agustus 2022

Ketua MUI : Perbedaan Jatuhnya Hari Raya Idul Adha 1443 H Tetap untuk Saling Menghormati

- Rabu, 29 Juni 2022 | 23:47 WIB
Ketua MUI Abdullah Jaidi (rri.co.id)
Ketua MUI Abdullah Jaidi (rri.co.id)

Jakarta, BPKPNEWS.COM-- Perbedaan Jatuhnya Hari Raya Idul Adha 1443 H,  Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Jaidi meminta kepada seluruh umat Islam Indonesia untuk saling menghormati satu sama lain soal perbedaan jatuhnya Hari Raya Idul Adha 1443 H tahun ini.

Diketahui, pemerintah menetapkan Hari Raya Iduladha jatuh pada 10 Juli 2022. Sementara Muhammadiyah menetapkan pada 9 Juli 2022.

"Tapi jangan perbedaan itu sampai kita saling terpecah belah dan tak saling hormati. Hendaknya saling hormati," kata Jaidi saat konferensi pers usai sidang Isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Rabu (29/6)

Jaidi menilai perbedaan dalam menyikapi hari raya keagamaan Islam di Indonesia sudah biasa terjadi. Perbedaan itu tentunya dengan pelbagai pertimbangan yang tak bisa disalahkan satu sama lain.

Baca Juga: Mabes Polri Raih Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 9 Kali Berturut-turut

"Dalam kenyataan ada perbedaan dalam kita menyikapi Iduladha. Sementara saudara kita Muhammadiyah telah umumkan terlebih dulu jatuhnya hari raya Iduladha pada 9 Juli. Tentu hal seperti ini adalah sesuatu yang biasa terjadi di tengah-tengah kita," kata dia.

Selain itu, Jaidi juga mengimbau umat Islam tetap meneladani semangat Hari Raya Iduladha. Semangat itu pula harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-harinya.

"Kita berpesan agar dari tanggal 1 Zulhijah sampai Hari Raya Iduladha perbanyak sedekah, perbuatan baik di antaranya berpuasa, zikir tasbih dan lainnya. Ini inti penting jelang Hari Raya Iduladha," kata dia.

Baca Juga: Kejagung Tetapkan Emirsyah Satar sebagai Tersangka Korupsi Pengadaan Pesawat Garuda Tahun 2011-2021

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

Irjen Pol Fetdy Sambo Ditetapkan Jadi Tersangka

Rabu, 10 Agustus 2022 | 00:03 WIB

Bharada E Ungkap Nama Yang Terlibat Atas Kematian

Minggu, 7 Agustus 2022 | 23:56 WIB

Irjen Pol Ferdy Sambo Ditahan, Sang Istri Menangis.

Minggu, 7 Agustus 2022 | 23:44 WIB

Selain Beras Bansos yang Dikubur, Terdapat Juga Telur

Selasa, 2 Agustus 2022 | 23:46 WIB
X