• Sabtu, 1 Oktober 2022

Shinjo Abe Ditembak Pelaku di Nara, Saat Tengah Berpidato Untuk Kampanye Partainya, Partai Liberal Demokratik

- Jumat, 8 Juli 2022 | 20:41 WIB
Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe (Poto : Istimewa)
Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe (Poto : Istimewa)

Jakarta, BPKPNEWS.COM-- Mantan Perdana Menteri Jepang Shinjo Abe ditembak pelaku di Nara, saat tengah berpidato untuk kampanye partainya, Partai Liberal Demokratik, jelang Pemilu Jepang. , barat Jepang, Jumat (8/7).
Sebelum meninggal, ia sempat dibawa ke rumah sakit dengan helikopter setelah mengalami pendarahan dan tak sadarkan diri.

Abe ditembak pelaku di Nara, saat tengah berpidato untuk kampanye partainya, Partai Liberal Demokratik, jelang Pemilu Jepang.

Shinzo Abe merupakan salah satu politikus ulung Negeri Matahari Terbit. Pria kelahiran 21 September 1954 itu memiliki jabatan terakhir sebagai perdana menteri Jepang.

Meski tak lagi menjabat sebagai perdana menteri, Abe disebut sebagai salah satu politikus paling berpengaruh di Jepang.

MSN menuliskan, sulit untuk melampaui kekuatan dan pengaruh Abe dalam politik Jepang, meski ia bukan lagi perdana menteri.

Sukses terbesar Abe adalah mengantarkan Jepang pada kebijakan moneter dan fiskal negara itu untuk keluar dari kemandekan ekonomi. Sukses itu mengerek reputasi Abe di level internasional.

Baca Juga: Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe Tewas Tertembak

Sebelum mundur dari jabatannya, Abe diduga sakit karena dua kali kedapatan mengunjungi rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

Prian kelahiran Tokyo itu sebelumnya pernah bekerja di perusahaan Kobe Steel. Namun pada 1981, Abe memutuskan keluar dan menjadi asisten sang ayah, Shintaro Abe, yang didapuk menjadi menteri luar negeri.

Dia lalu mengikuti jejak ayahnya bergabung dengan Partai Demokratik Liberal (LDP). Sejak itu dia bergelut dengan politik.

Abe pertama kali lolos menjadi anggota parlemen Jepang (Diet) dari wilayah konstituen Yamaguchi, sama seperti mendiang ayahnya. Karier politiknya dengan dukungan LDP terus melesat hingga menjadi Wakil Kepala Sekretaris Kabinet pada Juli 2000. Lima tahun kemudian dia terpilih menjadi Kepala Sekretaris Kabinet.

Baca Juga: Reaksi Rencana Pengesahan RKUHP Disuarakan Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar

Setahun setelahnya, Abe berhasil terpilih menjadi perdana menteri mengalahkan pesaing politiknya, Taro Aso dan Sadakazu Tanigaki. Namun, Abe harus mundur pada 2007 akibat kondisi kesehatan.

Dia lalu maju kembali pada 2012 dan menjabat sebagai perdana menteri sampai 2020. Abe tercatat telah menjabat sebagai perdana menteri selama hampir delapan tahun.

Sejumlah terobosan Shinzo Abe selama memimpin Jepang, baca di halaman berikutnya...
Selama kepemimpinannya, Abe mengusulkan gagasan amandemen undang-undang dasar Jepang. Diduga hal itu dia lakukan untuk memperkuat militer Jepang akibat kondisi geopolitik di wilayah sekitarnya, seperti agresivitas Korea Utara dan China yang gencar membangun persenjataan.

Baca Juga: Fadli Zon : Dalam Kasus ACT Mestinya Kemensos Tidak Otoriter

Abe juga berupaya menjadi penengah pertikaian antara Amerika Serikat dan Iran. Kedua negara itu merupakan sekutu Jepang.

Dengan AS, Jepang bergantung dari sisi militer. Sedangkan Iran merupakan salah satu pemasok minyak bumi Jepang sebelum kemudian diembargo oleh AS.

Di masa pemerintahannya pula, hubungan Jepang dan Korea Selatan menemui jalan terjal. Kala itu, Jepang hendak memperhalus isi buku sejarah bangsa dengan tidak menonjolkan kekejaman pasukan mereka saat Perang Dunia II. Sementara Korsel menuntut tanggung jawab dan ganti rugi Jepang atas kekerasan militer hingga pemerkosaan yang dialami para perempuan Korsel saat PD II.

Kontroversi dan Serangkaian Tudingan

Karier politik Abe dengan demikian tak selalu mulus. Pada 2018, Abe bahkan terjerat skandal dugaan penjualan tanah milik negara dengan diskon besar kepada operator sekolah nasionalis yang memiliki hubungan dengan istrinya.

Abe dituding menjual tanah negara seharga 10 persen dari harga pasar kepada lembaga pendidikan Moritomo Gakuen. Moritomo Gakuen merupakan operator sekolah yang dijalankan oleh teman dekat istri Abe, Akie Abe.

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

MA Prihatin Dengan Tertangkapnya Hakim Agung Oleh KPK

Sabtu, 24 September 2022 | 00:02 WIB

Tiga Partai Politik Jajaki Koalisi Usung Capres 2024

Senin, 19 September 2022 | 00:50 WIB
X