• Sabtu, 1 Oktober 2022

Perdana Menteri Sri Lanka Menyatakan siap mengundurkan diri

- Minggu, 10 Juli 2022 | 00:02 WIB
Sri Lanka bangkrut, negara lain bertanya-tanya apa yang sedang terjadi di Srilanka? Simak Penjelasannya berikut ini! (beritakkb.pikiran-rakyat.com)
Sri Lanka bangkrut, negara lain bertanya-tanya apa yang sedang terjadi di Srilanka? Simak Penjelasannya berikut ini! (beritakkb.pikiran-rakyat.com)

Jakarta, BPKPNEWS.COM -- Perdana Menteri Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe, menyatakan siap mengundurkan diri, Sabtu (9/7), saat negara kian bergolak usai Presiden Gotabaya Rajabaya kabur sebelum rumahnya diamuk massa.

Kantor Wickremesinghe menyatakan bahwa sang PM rela mundur sesuai rekomendasi partai oposisi demi membentuk pemerintahan gabungan baru.

"Demi keselamatan penduduk, dia menyetujui rekomendasi dari para pemimpin partai oposisi itu," demikian pernyataan kantor Wickremesinghe yang dikutip AFP.

Wickremesinghe merilis pernyataan ini ketika massa dilaporkan menduduki rumah Rajapaksa. Massa menyerbu kediaman sang presiden karena tak kuasa menahan emosi.

Mereka muak dengan pemerintah yang dianggap gagal menarik Sri Lanka dari lubang krisis hingga akhirnya negara itu dinyatakan bangkrut.

Baca Juga: Rusia Kian Ganas Menggempur Ukraina

Sebelum massa memasuki kediaman, Rajapaksa dilaporkan sudah melarikan diri terlebih dulu dengan bantuan para pengawal yang melepaskan tembakan ke udara demi menahan massa.

Tak lama setelah sang presiden pergi, massa menyerbu gerbang hingga berhasil masuk ke istana presiden. Beberapa orang melakukan siaran langsung di media sosial yang menunjukkan suasana di kompleks istana.

Ratusan orang terlihat berjalan menyusuri istana. Beberapa di antaranya juga tampak riuh melompat ke kolam kompleks. Sebagian lain terlihat tertawa dan bersantai di kamar tidur megah gedung tersebut.

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

MA Prihatin Dengan Tertangkapnya Hakim Agung Oleh KPK

Sabtu, 24 September 2022 | 00:02 WIB

Tiga Partai Politik Jajaki Koalisi Usung Capres 2024

Senin, 19 September 2022 | 00:50 WIB
X