• Rabu, 10 Agustus 2022

Komnas HAM Respons Wakil Ketua DPR Soal Penyelidikan Kasus Brigadir J

- Minggu, 31 Juli 2022 | 21:53 WIB
Choirul Anam (Komisioner Pemantauan dan Penyidikan Komnas HAM)
Choirul Anam (Komisioner Pemantauan dan Penyidikan Komnas HAM)

Jakarta, BPKPNEWS.COM -- Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Choirul Anam merespons Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad yang meminta komisi tidak berlebihan mengekspose kasus penembakan Brigadir J. Anam mengapresiasi pernyataan Dasco.

"Kami ucapkan terima kasih masukannya. Menjadi perhatian kami," kata Anam Kepada awak media, Minggu (31/7).

Sebelumnya, Dasco meminta Komnas HAM tak berlebihan dalam mengekspose kasus penembakan Brigadir J. Ia mengingatkan agar lembaga itu fokus mengungkap kasus tersebut sampai pada kesimpulan akhir.

"Kami minta kepada Komnas HAM agar fokus bekerja dan menghindari ekspose berlebihan terhadap temuan awal atau alat bukti lainnya, selama proses penyelidikan berlangsung," kata Dasco dalam keterangannya.

Baca Juga: Polisi Periksa Sopir Truk Dalam Kecelakaan yang Menewaskan Danseskoal

Pasalnya, dalam UU HAM, kata Dasco, menjaga kerahasiaan adalah prinsip dasar. Karena itu, Komnas HAM mestinya mengurangi ekspose terhadap temuan awal dalam kasus tersebut.

Diberitakan, Bharada E dan Brigadir J terlibat dalam insiden saling tembak di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Komplek Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan. Dalam insiden itu, Brigadir J tewas.

Adapun Brigadir J dan Bharada E merupakan ajudan Sambo. Polisi mengklaim penembakan itu berawal dari dugaan pelecehan yang dilakukan Brigadir J terhadap istri Sambo.

Komnas HAM melakukan penyelidikan independen atas kasus tersebut. Selain itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga membentuk tim khusus untuk mengusut kasus itu.

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

Irjen Pol Fetdy Sambo Ditetapkan Jadi Tersangka

Rabu, 10 Agustus 2022 | 00:03 WIB

Bharada E Ungkap Nama Yang Terlibat Atas Kematian

Minggu, 7 Agustus 2022 | 23:56 WIB

Irjen Pol Ferdy Sambo Ditahan, Sang Istri Menangis.

Minggu, 7 Agustus 2022 | 23:44 WIB

Selain Beras Bansos yang Dikubur, Terdapat Juga Telur

Selasa, 2 Agustus 2022 | 23:46 WIB
X