• Senin, 5 Desember 2022

Megawati akan Ketemu Presiden Jokowi bahas Pengganti Mendiang Tjahjo Kumolo

- Minggu, 31 Juli 2022 | 21:58 WIB
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (Instagram @pdiperjuangan)
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (Instagram @pdiperjuangan)

Jakarta, BPKPNEWS.COM -- Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri disebut akan bertemu Presiden Joko Widodo untuk membahas pengganti mendiang Tjahjo Kumolo di kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).
Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto. Dia enggan mengungkap sosok pengganti Tjahjo. Menurutnya, hal itu akan dibahas secara langsung antara Mega dan Jokowi.

"Nama nama kan sudah digodok dulu sehingga awal Agustus inilah nanti Ibu Ketum akan bertemu dengan Bapak Presiden Jokowi dan di dalam pertemuan itulah akan disampaikan," kata dia di kantor DPP PDIP, Minggu (31/7).

Dia berujar pengisi kursi MenPAN-RB selama ini menunggu hingga 40 hari pasca wafatnya Tjahjo. Mantan Sekjen PDIP itu diketahui meninggal pada 1 Juli usia menjalani perawatan intensif di rumah sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat.

Tak hanya soal pengganti Tjahjo, Hasto berujar pertemuan antara Mega dan Jokowi juga akan membicarakan sejumlah persoalan lain.

Baca Juga: Komnas HAM Respons Wakil Ketua DPR Soal Penyelidikan Kasus Brigadir J

"Karena 40 hari nanti pada awal Agustus itu sudah sebagai bagian dari etika yang dibangun oleh PDI perjuangan yang menghormati seniornya yang wafat dan penggantiannya dilakukan setelah 40 hari," kata dia.

Hasto sebelumnya menyebut Ketua Umum PDIP Megawati telah memilih sejumlah nama untuk diajukan ke Jokowi mengenai pengganti mendiang Tjahjo. Menurutnya, pengajuan nama ke Jokowi hanya tinggal menunggu waktu.

Hasto juga meminta agar posisi MenPAN-RB tak perlu terlalu dipersoalkan. Menurut dia, kerja-kerja lembaga tersebut saat ini tetap berjalan di bawah MenPAN-RB ad interim Tito Karnavian.

"Nama-nama sudah dibahas. Siapa itu? Bukan saya, karena saya lebih memilih membantu Bu Megawati mengurus partai. Nanti Bu Megawati yang serahkan nama menteri PAN-RB yang baru ke Pak Jokowi," kata Hasto dalam keterangannya, Kamis (28/7).

(red/CNN)

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

X