• Minggu, 2 Oktober 2022

Komnas HAM : Motif Pembunuhan Brigadir J Bergantung Keterangan Yang Diberikan Putri Candrawathi

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 22:39 WIB
Ilustrasi  Komnas HAM (Tribunnews)
Ilustrasi Komnas HAM (Tribunnews)

Jakarta, BPKPNEWS.COM -- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengungkapkan bahwa motif pembunuhan Brigadir J bergantung kepada keterangan yang diberikan oleh Putri Candrawathi, istri Eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.
Pasalnya, Komnas HAM telah memintai semua keterangan dari berbagai pihak, kecuali Putri. Sehingga, keterangan Putri pun menjadi penting.

"Terkait motif kami masih mendalami karena lagi lagi ini juga bergantung pada keterangan Bu Puteri," kata Beka di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat pada Senin (16/8).

Selain meminta keterangan dari sejumlah pihak, kata Beka, pihaknya juga sudah melakukan rekonstruksi peristiwa.

Rekonstruksi itu mulai dari peristiwa di Magelang, rumah pribadi sampai rumah dinas Sambo yang menjadi tempat kejadian perkara. Namun, semua keterangan yang didapat masih harus dilengkapi dengan keterangan dari Putri.

Baca Juga: 9 Desa Binaan Babinpotdirga Lanud Sugiri Sukani Dapatkan Paket Sembako Dalam Rangkaian Hari Bhakti TNI AU Ke-7

"Kami sudah minta keterangan semuanya kecuali Bu Putri. Termasuk juga merekonstruksi peristiwanya terus sampai TKP terus kemudian persoalannya belum lengkap," ujarnya.

Beka menyebut pemeriksaan Putri akan dilakukan oleh pihaknya yang diwakili oleh Komisioner Komnas HAM Sandrayati Moniaga dan Komnas Perempuan. Namun, sampai saat ini belum diketahui secara pasti waktu pemeriksaan tersebut.

Diketahui, Komnas HAM sudah beberapa kali menjadwalkan pemeriksaan Putri. Namun, agenda tersebut selalu diundur lantaran Putri belum siap.

Putri disebut masih trauma. Putri mengaku dilecehkan oleh Brigadir J. Namun, terbaru, kepolisian menyetop laporan dugaan tersebut.

Baca Juga: Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Barat Lantik Kepengurusan BP3 Jawa Barat Periode 2022-2027

Sejak insiden penembakan Brigadir J, Putri baru sekali bicara ke publik. Momen itu terjadi pada Minggu (7/9) saat Putri menjenguk suaminya yang ditempatkan di tempat khusus di Mako Brimob, Kelapa Dua Depok. Saat itu Sambo belum berstatus tersangka.

(red/CNN)

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

MA Prihatin Dengan Tertangkapnya Hakim Agung Oleh KPK

Sabtu, 24 September 2022 | 00:02 WIB

Tiga Partai Politik Jajaki Koalisi Usung Capres 2024

Senin, 19 September 2022 | 00:50 WIB
X