Pemerintah Resmi Naikan BBM Bersubsidi, Ojol Tagih Subsidi BBM

- Sabtu, 3 September 2022 | 23:51 WIB
Ilustrasi pengemudi ojol. Foto: kabarwonosobo/pikiran rakyat
Ilustrasi pengemudi ojol. Foto: kabarwonosobo/pikiran rakyat

Jakarta, BPKPNEWS.COM -- Asosiasi ojek online (ojol) Garda Indonesia menagih janji pemerintah memberikan subsidi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite.
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, yakni Pertalite dan Solar.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Umum Garda Indonesia Igun Wicaksono mengatakan janji subsidi BBM tersebut merupakan tanggapan langsung dari Jokowi atas surat permohonan pihaknya agar ojol tetap diberikan subsidi BBM jenis Pertalite.

Menurutnya, tanggapan itu diumumkan melalui Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani

"Kami sedang menunggu sinyal dari pemerintah yang beberapa saat lalu melalui Menkeu Sri Mulyani mengumumkan bahwa pengemudi ojol akan mendapatkan subsidi BBM jenis Pertalite," ujarnya saat dihubungi, Sabtu (3/9).

Baca Juga: Erick Thohir : Aplikasi MyPertamina Akan Terhubung Dengan Data Polri Usai Harga BBM Subsidi Naik

Sebelumnya, Garda Indonesia mengajukan lima permohonan kepada Presiden Joko Widodo melalui surat terbuka, bulan lalu. Salah satunya, subsidi Pertalite jika harga BBM jenis itu naik.

Merespons itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku akan menggelontorkan subsidi untuk ojol dan transportasi umum. Anggarannya diambil dari dana transfer umum seperti dana alokasi umum (DAU) dan dana bagi hasil (DBH) sebesar 2 persen yang akan dibayarkan oleh pemerintah daerah.

"Kami di Kemenkeu juga menetapkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) di mana 2 persen dari dana transfer umum yaitu DAU dan DBH diberikan ke rakyat dalam bentuk subsidi transportasi untuk angkutan umum sampai dengan ojek dan nelayan, serta untuk perlindungan sosial tambahan," kata dia, Senin (29/8).

Baca Juga: Jokowi Resmi Tetapkan Kenaikan BBM, Inilah Poin-poin Harganya

Igun melanjutkan pihaknya belum mendapatkan keterangan terkait bentuk dan nominal subsidi yang akan diberikan pemerintah terhadap ojol.

Ia berharap pemerintah segera mewujudkan janji subsidi tersebut agar beban biaya operasional ojol tidak berat, mengingat kenaikan tarif ojol belum direalisasikan hingga sekarang.

Terpisah, sopir angkot di Banten mengeluhkan kenaikan BBM di saat sudah sepi penumpang.

"Iya, udah tahu [soal kenaikan harga BBM], keberatan. [Kalau soal ongkos bakal naik) enggak tahu ya. [Ekonomi] susah lah, [tarikan] sepi," kata Ujang, salah satu sopir angkot, ditemui usai mengisi BBM, Sabtu (3/9).

(red/CNN)

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

Mengapa Orang Terkenal Bunuh Diri?

Kamis, 19 Januari 2023 | 08:55 WIB

Ferdy Sambo Dituntut Hukuman Penjara Seumur Hidup

Rabu, 18 Januari 2023 | 18:01 WIB
X