• Minggu, 2 Oktober 2022

Tiga Partai Politik Jajaki Koalisi Usung Capres 2024

- Senin, 19 September 2022 | 00:50 WIB
Anis Sebut NIK dan Nomer Handphone yang Dibocorkan Bjorka Salah (Iyus)
Anis Sebut NIK dan Nomer Handphone yang Dibocorkan Bjorka Salah (Iyus)

Jakarta, BPKPNEWS.COM -- Kepala Bappilu DPP Demokrat Andi Arief mengunggah foto Anies Baswedan bertemu dengan tiga ketua umum partai politik yang tengah menjajaki koalisi menghadapi Pilpres 2024.
Dalam foto yang diunggah, Anies Baswedan tengah bersama Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketum PKS Ahmad Syaikhu, Ketum NasDem Surya Paloh serta Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

"Kita tidak tahu doa siapa yang akan diterima langit," tulis Andi seraya mengunggah foto Anies di akun Twitter @andiarief_, Minggu (18/9).

Kita tidak tahu doa siapa yang akan diterima "langit". pic.twitter.com/zxl2fhMJJh

— andi arief (@Andiarief__) September 18, 2022

Andi mengatakan momen tersebut diambil di acara pernikahan anak dari kader Partai NasDem Sugeng Prawoto. Acara tersebut dihelat pada Minggu malam (18/9).

Diketahui, Partai Demokrat, PKS dan NasDem tengah menjajaki kemungkinan berkoalisi menghadapi Pilpres 2024 mendatang. Petinggi masing-masing partai sudah saling bertemu.

Tiga partai tersebut juga menyambut Anies Baswedan ketika menyatakan siap menjadi calon presiden di Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga: Isue Anis Baswedan Bakal Dijegal di Pilpres 2024, PKS ; Kami Tidak Fokus Isue Tersebut

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan bahwa sikap Anies itu sejalan dengan keinginan kader partainya yang tercetus dalam Rakernas 2022.

Dalam Rakernas itu, nama Anies menjadi salah satu dari tiga nama bakal capres yang berpeluang diusung NasDem di Pilpres 2024.

Meski demikian, Willy menyatakan keputusan terkait nama capres yang bakal diusung NasDem akan diputuskan oleh Ketua Umum Surya Paloh.

"NasDem kan sudah mencalonkan Pak Anies, hasil keputusan Rakernas. Tentu ini gayung bersambut, kesiapan NasDem tentu akan sudah dicalonkan oleh NasDem keputusan Rakernas itu ada responsnya," ujar Willy saat dihubungi, Jumat (16/9).

Kader Partai Demokrat juga mengidamkan Anies diusung bersama AHY di Pilpres 2024. DPD Demokrat DKI Jakarta berharap DPP mengutamakan Anies dan AHY untuk diusung di pilpres mendatang.

Baca Juga: SBY Akan Turun Gunung, Hasto Ultimatum ; Jangan Coba-Coba Ganggu jokowi

Ketua DPP PKS Ahmad Mabruri turut merespons positif. Menurutnya, PKS terbuka jika Anies membutuhkan partai politik untuk menjadi calon presiden.

"Peluang masih selalu ada. Buat capres lain juga tentu kita tidak menutup komunikasi," kata Ahmad kepada CNNIndonesia.com, Jumat (16/9).

(CNN Indonesia)

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Terkini

MA Prihatin Dengan Tertangkapnya Hakim Agung Oleh KPK

Sabtu, 24 September 2022 | 00:02 WIB

Tiga Partai Politik Jajaki Koalisi Usung Capres 2024

Senin, 19 September 2022 | 00:50 WIB
X