• Selasa, 29 November 2022

Dukung KTT G20 Bali Kesatria Muda Republika Gelar Jalan Sehat, Sapa Bali: Bijak Menggunakan BBM

- Minggu, 6 November 2022 | 10:10 WIB

Bali, BPKPNEWS.COM--Pimpinan Pusat Kesatria Muda Republika menyelenggarakan kegiatan Jalan Sehat dan Senam Zumba dalam rangka menyambut perhelatan KTT G20 November 2022 di Bali, 6 November 2022 (28/06/2022).

Dalam kegiatan tersebut bertujuan untuk mendistribusikan pemahaman kepada masyarakat dalam bijak menggunakan BBM serta menumbuhkan rasa persatuan pada masyarakat khususnya masyarakat bali dalam menyambut baik perlekatan KTT G20, Kegiatan yang di ikuti oleh berbagai macam keterwakilan mahasiswa yang berada di Bali, kelompok cipayung serta masyarakat Bali.

 

Iwan Bento Wijaya, S.H Ketua Dewan Pembina Pimpinan Pusat Kesatria Muda Respublika mengatakan dalam kegiatan ini pentingnya di laksanakan untuk membubuhkan nilai-nilai persatuan dan pemahaman mengenai pentingnya masyarakat bijak dalam menggunakan BBM. isu energi merupakan salah satu isu dalam pembahasan KTT G20 November 2022 di bali serta mengajak masyarakat bali bergembira bersama dalam akan terselenggaranya KTT G20.

 

“Dalam KTT G20, energi adalah salah satu isu strategis pada pembahasan negaranegara anggota G20. Kesatria Muda Respublika menyadari jika dunia hingga hari ini sedang menghadapi berbagai isu krisis salah satunya krisis energi. Krisis tersebut di latar belakangi okeh berbagai faktor dimulai dari Konflik Rusia-Ukraina menimbulkan beberapa efek signifikan terhadap ekonomi dan keniakan harga komuditi energi serta sanksi Uni Eropa dan AS terhadap Rusia untuk melarang pasokan minyak Rusia untuk masuk pada pasar dagang global serta menetapkan harga batas oleh Amerika untuk pembelian minyak Rusia”.

Baca Juga: Momentum KTT G20 Bali Pimpinan Pusat Kesatria Muda Respublika Gelar Jalan Sehat dan Senam zumba, Sapa Bali: Bi

Lanjutnya, “Berkurangnya pasokan minyak dunia dimana negara OPEC+ mengurangi produksi minyak mentah hingga 2 juta barel per hari pada bulan November 2022. Adanya ketegangan Rusia-Ukraina serta China-Taiwan membuat jalur distribusi komuditi minyak mentah mengalami gangguan dalam pendistribusian komuditi.

Gagalnya penambahan pasok minyak dunia berasal dari Iran karena Amerika Serikat membatalkan renegosiasi perjanjian nuklir. Selain itu, penyesuaian harga BBM juga dimaksudkan untuk mengurangi beban APBN yang semakin berat. Berdasarkan Perpres No. 98 tahun 2022, Negara memberikan subsidi dan kompensasi BBM sebesar Rp502,4 triliun, nilai yang sangat besar jika dibandingkan dengan APBN tahun 2022 sebelumnya. penyesesuaian harga BBM yang di lakukan oleh pemerintah sudah melewati berbagai pertimbangan dan masukan dari banyak pihak, termasuk situasi politik internasional.” jelasnya

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

X