• Selasa, 29 November 2022

Rutan Salemba Kelebihan Kapasitas, Sebagian WBP Akan Dipindahkan untuk Cegah Covid-19

- Selasa, 15 November 2022 | 12:15 WIB

Jakarta, BPKPNEWS.COM - Sebagian warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Salemba yang berlokasi di Jakarta Pusat akan dipindahkan ke sejumlah Rutan dan lembaga pemasyarakatan (Lapas) lainnya. Kebijakan tersebut perlu dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Hal itu disampaikan Kepala Rutan Kelas I Salemba, Fauzi Harahap kepada media ini di kantornya, Senin, 14 November 2022. "Kapasitas bangunan Rutan Kelas 1 Salemba maksimal sebanyak 1.500 orang. Namun, di sini ada 3.352 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP - red),” kata Karutan Kelas I Selamba Jakarta Pusat ini selepas acara pisah sambut Karutan menggantikan Fonika Afandi.

Oleh karena itu, lanjut Fauzi Harahap, pihaknya akan melakukan pemindahan sebagian WBP dari Rutan Kelas I Salemba ke beberapa Rutan dan Lapas yang tersedia. “Makanya, akan kita pindahkan sejumlah warga binaan agar sesuai kapasitas,” imbunya.

Baca Juga: Kang Tebe Sukendar Meminta Perhatian Serius Kapolda Sumbar Terhadap Kematian TF Yang Masih Misterius

Fauzi juga mengatakan bahwa terkait tingginya kasus Covid-19, pihaknya akan menggencarkan vaksinasi bagi warga binaan. Selain itu, demi menekan lonjakan warga terpapar Covid-19, pihaknya juga akan mengecek kesehatan seluruh warga binaan.

"Kita akan lakukan cek kesehatan bagi seluruh warga binaan terlebih dahulu, sebelum memindahkan ke Rutan yang lain, termasuk pemeriksaan kesehatan bagi warga binaan yang baru," jelas Fauzi Harahap menutup penjelasannya. (EDW/Red)

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

X