• Selasa, 29 November 2022

Presidensi KTT G20, Diharapkan Dapat Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Nasional

- Rabu, 16 November 2022 | 12:09 WIB

Jakarta, BPKPNEWS.COM--

NASIONALXPOS.CO.ID, BALI -
Presidensi G20 yang dilaksanakan di Indonesia tentu memberikan dampak positif. Dilansir dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia bahwa Presidensi G20 dapat menciptakan kontribusi US$ 533 juta atau sekitar Rp 7,6 Triliun pada PDB Indonesia, dimana PDB dapat digunakan sebagai tolak ukur pertumbuhan ekonomi suatu negara. Selain itu juga terdapat peningkatan konsumsi domestik hingga Rp 1,7 Trilliun.

 

Dalam sektor pariwisata, tentunya Forum G20 di Indonesia berkontribusi terhadap proyeksi peningkatan wisatawan mancanegara hingga 1,8 juta sampai 3,6 juta dan juga 600 ribu hingga 700 ribu lapangan kerja baru, dimana melibatkan UMKM dan menyerap tenaga kerja sekitar 33.000 orang.

 

Di Forum G20 tersebut, juga terdapat dua isu ekonomi yang dibahas yaitu Finance Track dan Sherpa Track. Finance Track merupakan jalur pembahasan dalam forum G20 yang berfokus pada isu keuangan.

Baca Juga: FKDM Tingkat Kota Cimahi Tahun 2022

Hal ini memprioritaskan enam isu terkait ekonomi, yakni Exit Policy untuk pemulihan ekonomi global pasca pandemi, Bagaimana mengatasi dampak pandemi agar pertumbuhan di masa depan terjamin, Fokusnya pada dampak Covid-19 di sektor riil, seperti tenaga kerja dan keuangan, Sistem pembayaran di era digital, Pembahasan mengenai keuangan berkelanjutan yang menciptakan keadilan bagi semua negara, Inklusi keuangan terkait teknologi digital dan akses pembiayaan serta pemasaran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta Membahas sistem perpajakan internasional agar tercipta kepastian rezim pajak, transparansi, dan pembangunan.

 

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Terkini

X