Soal Potensi Tsunami di Jepang Akibat Erupsi Semeru, Ini yang dikatakan PVMBG

- Minggu, 4 Desember 2022 | 23:06 WIB
Gunung Semeru status Awas (foto: BNPB)
Gunung Semeru status Awas (foto: BNPB)

Jakarta, BPKPNEWS.COM-- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral buka suara soal potensi tsunami di Jepang, imbas erupsi Gunung Semeru, Minggu (4/12).
Koordinator Gunung Api PVMBG, Oktory Prambada mengatakan erupsi Gunung Semeru tak ada hubungannya dengan tsunami lantaran Semeru berada di darat, dan hanya berdampak 13 kilometer ke arah tenggara.

"Tidak ada tsunami ya, erupsi Semeru ini kejadiannya di darat dan hanya mendampak 13 kilometer ke arah tenggara Semeru," kata dia kepada CNNIndonesia.com, Minggu (4/12).

Bahkan, kata dia, awan panas yang dihasilkan oleh Gunung Semeru ini tak sampai berhembus ke laut. Sehingga tidak ada potensi bencana hingga ke Jepang.

Baca Juga: Gunung Semeru di jawa Timur Statusnya Naik Mnejadi Level 4 atau Awas


Pakar Sistem Informasi Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) Sandy Budi Wibowo senada dengan Oktory. Ia mengatakan erupsi Gunung Semeru tak bisa dikaitkan dengan prakiraan tsunami di Jepang.

"Melihat lokasi geografis Gunung Semeru, arah letusan dan magnitude-nya, nampaknya tidak bisa dikaitkan dengan perkiraan tsunami di Jepang," kata dia.

Bahkan, Sandy pun tidak tahu dasar perkiraan Jepang yang bersiaga tsunami imbas erupsi di Gunung Semeru.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Jepang terus memantau ancaman gelombang tsunami yang meningkat di daerah pesisir negaranya imbas Gunung Semeru.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Kolom Abu Mencapai Tinggi 5156 Meter Diatas Permukaan Laut

Lembaga penyiaran Jepang NHK melaporkan gelombang tsunami bisa mencapai pesisir Prefektur Okinawa secepat-cepatnya sekitar pukul 05.30 GMT atau sekitar 12.30 WIB hari ini.

Okinawa merupakan prefektur di bagian paling selatan Jepang. Prefektur Okinawa terdiri dari ratusan pulau yang disebut Kepulauan Ryukyu dan membentuk rantaian kepulauan yang panjangnya melebihi 1.000 kilometer.

Kendati demikian, belum ada perkembangan lagi dari badan tersebut soal sebesar apa risiko gelombang tsunami terjadi. Belum ada pula peringatan dini bagi warga di pesisir terkait peningkatan ancaman tsunami ini.

(red/CNN)

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

Mengapa Orang Terkenal Bunuh Diri?

Kamis, 19 Januari 2023 | 08:55 WIB

Ferdy Sambo Dituntut Hukuman Penjara Seumur Hidup

Rabu, 18 Januari 2023 | 18:01 WIB
X