Berapa Lama Ibu Harus Menyusui Agar Bayi Kenyang ?

- Sabtu, 14 Januari 2023 | 07:42 WIB
ilustrasi bayi menyusui (pexels)
ilustrasi bayi menyusui (pexels)

BPKPNEWS.COM--Saat sedang menyusui bayi, biasanya ada beberapa hal kerap diperhatikan ibu. Misalnya saja, posisi favorit saat sedang menyusu, hingga berapa lama biasanya bayi menyusu dalam satu sesi.

Ya Moms, lamanya bayi menyusu dalam satu sesi ternyata bisa berbeda-beda. Pada hari-hari pertama kelahiran bayi misalnya, proses menyusu terkadang sangat lama dan hal ini merupakan kondisi yang wajar. Hal ini juga umum terjadi pada bayi berat lahir rendah (kurang dari 2500 gram).

Namun, mengutip buku Bedah ASI IDAI yang ditulis oleh pakar laktasi, dr. Utami Roesli, SpA, MBA, FABM, IBCLC, rata-rata bayi menyusu selama 5-15 menit, walaupun terkadang lebih.

Baca Juga: Punya 194 Piala Penghargaan Usai 30 Tahun Berkarya, Popularitas Agnes Monica Saingi Justin Bieber?

Lantas, berapa lama sebenarnya ibu perlu menyusui bayi agar si kecil kenyang?


Kata Ahli soal Waktu Ideal Ibu Perlu Menyusui agar Bayi Kenyang

-

 

Menurut dr. Utami, biarkan bayi yang menentukan waktunya sendiri untuk menyusu. Sebab, bayi dapat mengukur kebutuhannya sendiri, kapan ia merasa kenyang dan kapan perlu menyusu lebih banyak.

Jadi tidak usah dibatasi menjadi lebih cepat atau dipaksa untuk jadi lebih lama, Moms.

Biarkan bayi menyusu pada satu payudara sampai ia merasa puas (selesai atas keinginannya). Setelah itu, coba tawarkan bayi payudara yang satu lagi untuk melihat apakah bayi masih ingin menyusu. Dengan cara ini, kedua payudara mendapat stimulasi yang sama untuk menghasilkan ASI.

Baca Juga: Ferry Irawan Singgung Dosa Venna Melinda Sebelum Berhijab, Padahal Paksa Istri Bersetubuh Juga Dilarang Islam

Meski begitu, dr. Utami mengingatkan agar orang tua juga memerhatikan bila proses menyusu berlangsung sangat lama (lebih dari 30 menit) atau sangat cepat (kurang dari 5 menit). Bila hal ini terjadi saat Anda menyusui bayi, mungkin ada masalah yang perlu Anda waspadai.

Jadi, segera bawa bayi ke dokter spesialis anak atau konselor laktasi agar dapat diperiksa dengan saksama ya, Moms.

(Kumparan)

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

Berikut 12 Pilihan Mobil Bekas Harga Rp 60 juta

Senin, 23 Januari 2023 | 21:24 WIB

Twitter Blue Sudah Bisa Berlangganan Tahunan

Kamis, 19 Januari 2023 | 08:04 WIB
X