Minyak Goreng Jenis Ini Berpotensi Sebabkan Peradangan dan Blood Clot

- Rabu, 25 Januari 2023 | 14:09 WIB
Flickr Menggoreng makanan (Ilustrasi). Minyak yang dipakai untuk menggoreng juga dapat menimbulkan masalah kesehatan.
Flickr Menggoreng makanan (Ilustrasi). Minyak yang dipakai untuk menggoreng juga dapat menimbulkan masalah kesehatan.

BPKPNEWS.COM--Dalam beberapa kasus, pembekuan dalam darah sangat penting karena mencegah pendarahan yang berlebihan. Namun, pembekuan darah (blood clot) yang tidak larut secara alami harus menjadi perhatian karena dapat menyebabkan kondisi medis yang serius.

Misalnya, gumpalan darah yang menyumbat masuk ke otak dapat menyebabkan strok dan gumpalan di paru-paru mengakibatkan emboli paru. Ada sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko penggumpalan darah tersebut.

Diet adalah salah satu faktornya. Makanan tertentu yang berlemak dan asin telah diketahui secara luas dapat memicu pembekuan darah. Lebih lanjut, seorang ahli mengatakan bahwa jenis minyak yang dipakai memasak juga dapat menyebabkan gumpalan yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Deni Nurrahman : Pendidikan kesehatan sebagai Bagian dari tiga program pokok UKS

Ahli gizi di Marvin's Den, Rory Batt, memperingatkan bahwa minyak tertentu harus dihindari. "Makanan yang digoreng dengan minyak nabati lama kelamaan dapat mendorong proses aterosklerosis (pengerasan dan penyumbatan pembuluh darah) yang menyebabkan pembekuan darah," kata dia.

Minyak nabati dapat meningkatkan lipoprotein densitas rendah alias kolesterol "jahat". Minyak tersebut juga menyebabkannya menjadi lipoprotein densitas rendah teroksidasi yang merupakan hal buruk karena ini adalah kolesterol "jahat" sebenarnya yang menyebabkan kerusakan dinding arteri dan selanjutnya penyumbatan arteri.

"Sebagian besar minyak nabati mengandung banyak asam lemak omega-6, yang jika kadarnya terlalu banyak dapat menyebabkan peradangan. Selain itu, pemanasan lemak ini dan lainnya dalam minyak dapat mengubah struktur kimianya menjadi sumber pemicu peradangan super," papar Batt, dilansir laman Express, Selasa (24/2/2023).

Baca Juga: 4 Perbedaan The Last of Us HBO dengan Versi Game Naughty Dog

Peradangan adalah salah satu pemicu utama aterosklerosis. Ini berperan dalam semua tahap perkembangannya, mulai dari saat plak mulai terbentuk, hingga saat menumpuk dan mulai menyumbat arteri.

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Terkini

Berikut 12 Pilihan Mobil Bekas Harga Rp 60 juta

Senin, 23 Januari 2023 | 21:24 WIB

Twitter Blue Sudah Bisa Berlangganan Tahunan

Kamis, 19 Januari 2023 | 08:04 WIB
X