3 Tips Mudah Mulai Kebiasaan Konsumsi Makanan Gizi Seimbang,

- Rabu, 25 Januari 2023 | 21:20 WIB
Ilustrasi diet dengan gizi seimbang, pola makan sehat, panduan makan dengan gizi seimbang. (Shutterstock)
Ilustrasi diet dengan gizi seimbang, pola makan sehat, panduan makan dengan gizi seimbang. (Shutterstock)

BPKPNEWS.COM--Pemenuhan gizi seimbang seharusnya menjadi hal penting yang disadari setiap orang demi memastikan kesehatan tubuh tetap terjaga. Tidak sedikit yang menjadikan diet dan makan sehat sebagai resolusi tahun baru.

Sayangnya, kata Dokter Gizi, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK banyak orang menganggap mengonsumsi makanan sehat adalah salah satu langkah yang sulit dan mahal.

Padahal kata dia, salah satu langkah utama ketika ingin mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang adalah dengan mencari bahan-bahan yang mudah ditemukan dalam keseharian.

Baca Juga: Minyak Goreng Jenis Ini Berpotensi Sebabkan Peradangan dan Blood Clot

"Kita harus berpikir juga bahwa konsep makan sehat itu tidak hanya sehat tapi juga sustainable atau berkelanjutan. Sehingga yang kita konsumsi harusnya mudah ditemukan di keseharian kita. Bisa disediakan setiap hari," ujar dia dalam acara bersama Tokopedia di Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Untuk memudahkan masyarakat yang ingin memulai gaya hidup sehat seimbang di awal tahun ini, dr. Juwalita pun memberikan tips sederhana yang bisa diikuti. Berikut daftarnya.

1.Utamakan sumber bahan pangan lokal

Berdayakan dahulu sumber bahan makanan yang ada di sekitar kita dan mudah dicari sehari-hari. Misalnya, banyak sekali sumber karbohidrat yang mudah ditemukan di Indonesia selain nasi, misalnya umbi-umbian atau makanan berbahan singkong.

Baca Juga: 4 Perbedaan The Last of Us HBO dengan Versi Game Naughty Dog

2. Sesuaikan sumber bahan pangan sesuai dengan kriteria gizi seimbang

Agar pola makan lebih seimbang, perhatikan asupan serat terutama dari sayur dan buah. Batasi gula, garam dan minyak, serta rajin memantau berat badan.

"Pastikan mengonsumsi makanan dalam kadar seimbang, yakni antara sumber energi, lauk pauk, sayuran dan buah,” tambah dr. Juwalita.

3. Perbanyak protein hewani atau nabati

Menurut Kemenkes RI, standar angka kecukupan protein bagi masyarakat Indonesia adalah 60 gram per hari untuk perempuan dan 65 gram per hari bagi laki-laki.

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Terkini

Terpopuler

X