• Selasa, 5 Juli 2022

Kota Bandung Dilanda Hujan Lebat dan Hujan Es

- Selasa, 8 Maret 2022 | 23:55 WIB
Suasana Hujan Es di Kota Bandung (Foto : Youtube.com)
Suasana Hujan Es di Kota Bandung (Foto : Youtube.com)

Bandung | BPKPNEWS.COM

Hujan lebat disertai butiran es yang melanda Kota Bandung, Selasa (8/3) yang terjadi pukul 14.40-15.05 WIB, mendapat pantauan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Hujan lebat disertai es dan angin kencang terjadi di Kota Bandung yakni di Kawasan Cicadas dan Antapani menyebabkan terganggunya jarak pandang bagi pengguna kendaraan," kata Kepala Stasiun Klimatologi Bogor Indra Gustari melalui keterangan tertulis, Selasa (8/3).

Selain hujan deras dan turun butiran es, pohon tumbang juga dilaporkan terjadi di Jalan Tamansari tepatnya di depan Balubur Square sehingga jalan ditutup sementara untuk kegiatan evakuasi.

Baca Juga: Ditetapkan PPKM Level 4, Sekda Yogyakarta Buka Suara

Gustari menuturkan, berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer pada 8 Maret 2022, cuaca di wilayah Jawa Barat masih dipengaruhi fenomena global La Nina yang ditunjukan dari Indeks Nino 3.4 yang berada pada indeks -0.86 (nilai normal ± 0.5).

Hal itu dikatakan berpengaruh signifikan terhadap pembentukan awan dan peningkatan hujan di wilayah Indonesia.

Selain itu, terpantau sirkulasi siklonik di sekitar Laut Arafura dan area netral point di Samudera Hindia Barat daya Jawa Barat, sehingga mengakibatkan adanya daerah pertemuan angin (konvergensi), belokan angin (konfluensi) dan perlambatan angin disekitar wilayah Jawa Barat.

Baca Juga: Kali Pertama Seluruh Daerah di DIY Berlaku PPKM Level 4

"Kondisi ini mengakibatkan pumpunan massa udara yang mendukung terjadinya pembentukan awan konvektif. Kondisi lokal berupa labilitas sedang berdasarkan pengamatan cuaca permukaan dari Stasiun Geofisika Bandung terpantau adanya pemanasan pada pagi hingga siang hari serta kelembaban udara yang cukup basah dapat mendukung terbentuknya awan konvektif dengan jenis Cumulonimbus," tuturnya.

Adapun kondisi lokal berupa labilitas atmosfer di wilayah Jawa Barat termasuk Kota Bandung berada pada kategori labilitas sedang dengan potensi shower dan thunderstorm.

Kepada masyarakat dan instansi yang terkait agar tetap waspada terhadap terjadinya bencana hidrometeorologis seperti banjir dan cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan juga angin kencang.

Baca Juga: Amankan Pelaku Penganiayaan, Insan media Apresiasi Kaolda Sumut dan Kapolres Madina

Serta adanya peningkatan potensi terjadinya hujan es dan angin puting beliung pada waktu siang hingga sore menjelang malam hari.

"Kondisi yang ditandai dengan pemanasan kuat antara pukul 10.00 hingga 14.00 WIB yang mengakibatkan pembentukan awan konvektif yang ditandai dengan dasar awan gelap, puncak awan menjulang tinggi seperti kembang kol dan terkadang memiliki landasan pada puncaknya (awan jenis Cumulonimbus)," kata Gustari. 

(CNN/AZ)

Editor: Asep Jubaeni Hamzah

Tags

Terkini

Walikota Bandung Lantik 214 Pejabat Sekolah

Rabu, 27 April 2022 | 11:29 WIB

Kota Bandung Akhirnya Memiliki Walikota Definitif

Senin, 11 April 2022 | 21:29 WIB

Berandalan Bermotor Berulah di Kota Bandung

Kamis, 7 April 2022 | 20:08 WIB

Syahrul Gunawan Resmi Mundur dari Partai Nasdem

Kamis, 17 Maret 2022 | 22:24 WIB

Kota Bandung Dilanda Hujan Lebat dan Hujan Es

Selasa, 8 Maret 2022 | 23:55 WIB

Ngatiyana Resmikan Ipal Komunal di Rw. 03 Baros

Minggu, 23 Januari 2022 | 19:09 WIB
X