• Selasa, 29 November 2022

UU Ruzhanul Ulum : Sambut Hari Rabies Sedunia, Pemprov. jabar Gratiskan Vaksin Rabies

- Rabu, 28 September 2022 | 22:53 WIB
Suasan kegaiatan Hari Rabies Sedunia di GCM, Lemahwungkuk, Kota Cirebon. (Ayocirebon.com / Ayu Lestari)
Suasan kegaiatan Hari Rabies Sedunia di GCM, Lemahwungkuk, Kota Cirebon. (Ayocirebon.com / Ayu Lestari)

COBLONG, BPKPNEWS.COM -- Menyambut hari Rabies Sedunia yang diperingati setiap tanggal 28 September dalam setiap tahunnya. Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) UU Ruzhanul Ulum menyebut bahwa vaksin Rabies diberikan secara gratis di Jawa Barat.

 

Tak hanya vaksin gratis bagi satwa, obat rabies juga diberikan secara gratis bagi warga yang terinfeksi rabies.

"Pemerintah menggratiskan vaksin (rabies). Kemudian obat yang kena atau digigit anjing rabies, ini disetiap puskesmas sudah ada obatnya, sudah siap. Itu sudah digratiskan," kaya pria yang kerap disapa Pak UU itu Cihampelas Walk (Ciwalk) Bandung, Jalan Cihampelas Kota Bandung, Rabu 28 September 2022.

 Pak UU mengungkapakan, antusias warga dinilai terus meningkat dalam memelihara satwa. Menurutnya, hal itu harus diimbangi dengan kesadaran untuk melakukan vaksinasi terhadap satwa yang berpotensi terinfeksi maupun penyebar rabies.
 
 

"Sekarang masyarakat banyak yang memelihara satwa dari mulai kucing, anjing, atau pun kelinci dan yang lainnya. Kita bisa lihat hari Minggu kalau orang sedang santai berjalan dengan keluarga dan yang lainnya banyak yang menuntut hewan. Di kantong, di belakang, di motor, dituntun. Oleh karena itu kesadaran vaksin rabies penting," ungkapnya.

Eks Bupati Tasikmalaya itu menegaskan, infeksi virus rabies harus terus diwaspadai oleh pemelihara hewan. Sosialisasi terhadap pentingnya vaksin rabies tidak boleh hanya mengandalkan pemerintah.

"Masyarakat Jawa Barat khususnya harus menyadari akan pentingnya hewan sehat. Karena hewan yang berpenyakitan, itu akan mudarat. Bukan hanya para pemilik, tetapi juga bagi lingkungan sekitar. ucapnya.

Baca Juga: Bikin Sertifikat Rumah di BPN Cimahi Hingga 4 Tahun Belum Jelas

Pak UU juga mendorong kepala daerah untuk ikut secara masif dalam mensosialisasikan penting antisipasi infeksi rabies di wilayahnya masing-masing.
 

"Saya minta kepada bupati/walikota pun mengadakan acara yang sama, terutama bagi bupati dan walikota yang berada di perkotaan. Seperti di Bandung Raya, hadir di sini Pak Syahrul Gunawan (Wakil Bupati Kabupaten Bandung). Harapan kami wakil Bupati pun mengadakan kegiatan yang sama di wilayah kabupaten. Supaya kegiatan hari ini didengar, dipahami, dan diikuti oleh masyarakat," tandasnya

(red)

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

Pemkot Bandung Raih Dua Penghargaan AMH Tahun 2022

Jumat, 25 November 2022 | 20:51 WIB

Sebanyak 37.224 KPM di Kota Cimahi Mendapat BLT

Selasa, 22 November 2022 | 13:28 WIB

Ema: ASN Harus Jadi Agen Perubahan

Senin, 21 November 2022 | 23:17 WIB

10 Budayawan Raih Anugerah Budaya Kota Bandung

Kamis, 17 November 2022 | 12:22 WIB
X