• Selasa, 7 Februari 2023

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung Gelar kampanye Don’t Panic Buying

- Kamis, 3 November 2022 | 23:56 WIB
Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung menggelar kampanye Don’t Panic Buying di Persimpangan Jalan Ibrahim Adjie dengan Jalan Soekarno-Hatta (Binong) Bandung. (Poto : Humas Kota Bandung)
Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung menggelar kampanye Don’t Panic Buying di Persimpangan Jalan Ibrahim Adjie dengan Jalan Soekarno-Hatta (Binong) Bandung. (Poto : Humas Kota Bandung)

Bandung, BPKPNEWS.COM--Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung menggelar kampanye Don’t Panic Buying di Persimpangan Jalan Ibrahim Adjie dengan Jalan Soekarno-Hatta (Binong) Bandung.

Dalam kampanye tersebut, turut Ketua TP PKK Kota Bandung, Yunimar Yana Mulyana. Yunimar turut membagikan kebutuhan bahan pangan berupa bawang, cabai, gula pasir dan produk susu kepada pengguna jalan dan masyarakat sekitar. 

Ketua TP PKK Kota Bandung, Yunimar Yana Mulyana mengatakan, sejak pandemi melanda Indonesia di tahun 2020 fenomena Panic Buying kerap berulang kali terjadi di masyarakat Indonesia. Untuk mengatasi hal itu edukasi dan sosialiasi Don't Panic Buying perlu terus dilakukan. 

"Masyarakat tidak perlu cemas dan panik, kita upayakan pemerintah mempersiapkan stok pangan yang berkecukupan," Jelas Yuni.

Menurut Yuni, komoditas bahan masakan dasar seperti, cabai, bawang yang rawan kenaikan dapat diantisipasi dengan sejumlah langkah yang dapat dipersiapkan secara mandiri.

Baca Juga: Pemkot Bandung Terus Berupaya Mempercepat Program ODF 100 Persen di 151 Kelurahan

"Buruan Sae jadi solusi. Kita tanam cabai, bawang di halaman rumah. Kita juga menghentikan kebiasaan belanja secara impulsif dan mempersiapkan dengan sesuai kebutuhan," jelas Yuni. 

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Kota Bandung pada Januari 2022 Kota Bandung mengalami inflasi sebesar 0,46 persen. Inflasi tertinggi pada kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya sebesar 0,98 persen. 

Kota Bandung pada Januari 2022 terjadi inflasi sebesar 0,46 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 107,92. Jawa Barat terjadi inflasi sebesar 0,45 persen, sedangkan nasional terjadi inflasi sebesar 0,56 persen. Komoditas bawang dan cabe merupakan salah satu yang mempengaruhi inflasi dan sering terjadi fluktuasi harga. 

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

Gemapatas Akselerasi PTSL di Kota Bandung

Jumat, 3 Februari 2023 | 20:24 WIB

Resmi! Penyesuaian Tarif Pelayanan Air Minum Batal

Rabu, 1 Februari 2023 | 17:34 WIB

Lejitkan Nilai Ekonomi Usaha Lewat HAKI

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:26 WIB

Segini Realisasi Pajak Kota Cimahi Tahun 2022

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:09 WIB
X