• Selasa, 29 November 2022

Ema: ASN Harus Jadi Agen Perubahan

- Senin, 21 November 2022 | 23:17 WIB
Pemerintah Kota Bandung menggelar kegiatan Agen Perubahan Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Bandung, di Hotel Grandia, Senin 21 November 2022.  (Poto : Humas Kota Bandung)
Pemerintah Kota Bandung menggelar kegiatan Agen Perubahan Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Bandung, di Hotel Grandia, Senin 21 November 2022. (Poto : Humas Kota Bandung)

Bandung, BPKPNEWS.COM--Aparatur Sipil Negara yang menjadi bagian birokrasi pemerintahan harus profesional, maju, dan modern. Oleh karenanya, ASN perlu menjadi agen perubahan untuk mengubah pola pikir dan budaya kerja secara berkelanjutan.

Penguatan agen-agen perubahan juga merupakan salah satu strategi reformasi birokrasi

untuk menciptakan birokrasi yang profesional dengan karakteristik adaptif, berintegritas, bersih dari perilaku korupsi, kolusi dan nepotisme.

Sehingga ASN mampu melayani publik secara akuntabel, serta memegang teguh nilai-nilai dasar organisasi dan kode etik perilaku aparatur negara.

"Yang harus dimiliki jiwa keteladan, contoh memberikan perubahan di lingkungan kerja," katanya.

Ia menambahkan, agen perubahan yang diharapkan adalah individu atau kelompok terpilih yang dapat menjadi contoh dan panutan dalam berperilaku, yang mencerminkan integritas dan kinerja yang tinggi di lingkungan organisasinya.

"Ini diharapkan dapat bekerja saling terintegrasi atau setidaknya terwadahi dalam sebuah forum untuk mempercepat dan memperkuat terjadinya perubahan pada organisasi tersebut," ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Bandung Siapkan Sejumlah Strategi dalam Menghadapi Lonjakan Kasus Covid-19

Ema menambahkan, dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, salah satu area penting perubahan tersebut adalah perubahan mindset (pola pikir) dan culture set (budaya kerja). 

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

Pemkot Bandung Raih Dua Penghargaan AMH Tahun 2022

Jumat, 25 November 2022 | 20:51 WIB

Sebanyak 37.224 KPM di Kota Cimahi Mendapat BLT

Selasa, 22 November 2022 | 13:28 WIB

Ema: ASN Harus Jadi Agen Perubahan

Senin, 21 November 2022 | 23:17 WIB

10 Budayawan Raih Anugerah Budaya Kota Bandung

Kamis, 17 November 2022 | 12:22 WIB
X