Ini Tiga Fokus Pemkot Terkait Trantibum di Kota Bandung

- Jumat, 20 Januari 2023 | 20:22 WIB

Bandung,BPKPNEWS.COM--Untuk meningkatkan ketentraman dan ketertiban umum (trantibum) di tengah masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memfokuskan tiga hal untuk diintervensi lebih jauh. Di antaranya kejahatan seksual, vandalisme, dan narkoba.

Tiga fokus ini dibahas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna saat pembinaan kepada 600 anggota Satpol PP, Jumat 20 Januari 2023 di Hotel Horison.

Ema menegaskan pada para aparat untuk tidak menganggap sepele trantibum. Sebab hal tersebut merupakan hak rakyat yang menjadi kewajiban bagi negara dan pemerintah untuk bisa memenuhinya.

"Terlebih ini sudah masuk tahun politik yang harus kita antisipasi untuk menghadirkan ketentraman dan ketertiban umum bagi masyarakat," ujar Ema.

Baca Juga: Dani Nurahman : Pendidikan Sejak Dini sangatlah Krusial

Sehingga, ia menilai, perlu adanya kesigapan fisik dan mental untuk menyambut musim politik mendatang.

"Semangat dan konsistensi serta tanggung jawab yang harusnya menggema dalam praktik untuk menghadirkan trantibum," tegasnya.

Selain itu, Ema menggarisbawahi beberapa poin yang harus menjadi fokus dalam meningkatkan trantibum. Pertama, pemberantasan kriminalitas terutama kejatahan seksual.

"Kriminalitas saat ini berada pada poin yang harus mendapatkan atensi maksimal dari kita semua. Sekarang ini terjadi kerawanan kejahatan seksual. Begal seksual itu sudah terjadi di Kota Bandung, bahkan secara intensitas kejadian sudah cukup mengkhawatirkan," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

Resmi! Penyesuaian Tarif Pelayanan Air Minum Batal

Rabu, 1 Februari 2023 | 17:34 WIB

Lejitkan Nilai Ekonomi Usaha Lewat HAKI

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:26 WIB

Segini Realisasi Pajak Kota Cimahi Tahun 2022

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:09 WIB
X