• Selasa, 7 Februari 2023

Pemilihan Wakil Bupati Belum di Ijinkan Dirjen Otda dan Pemrov Jawa Barat

- Rabu, 11 Maret 2020 | 10:27 WIB
Kantor-Bupati-Bekasi
Kantor-Bupati-Bekasi


-




-
Foto : Berita Ekpres

BEKASI, BPKPNEWS - Meski DPRD Kabupaten Bekasi telah menetapkan Calon Wakil Bupati Bekasi dan bakal dilaksanakan Paripurna tanggal 19 Maret 2020 mendatang, ternyata proses yang selama ini dibuat Panlih DPRD Kabupaten Bekasi belum diketahui Dirjen Otda dan Pemprov Jawa Barat.


Direktur Fasilitasi Kepala Daerah, DPRD dan Hubungan antar Lembaga (FKDH) Dirjen Otda Kemendagri, Budi Santoso belum mengetahui adanya rencana pemilihan Wakil Bupati Bekasi. “Belum ada laporan dari daerah ke kita, belum ada laporan dari provinsi ke Kemendagri,” singkatnya.




Senada dengan itu, Direktur Jenderal Otda Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik mengaku hingga saat ini belum mendapatkan pemberitahuan kaitan pemilihan Wakil Bupati Bekasi. Namun demikian, ia menerangkan harus mengacu pada Undang-Undang 10 Tahun 2016.


“Saya belum tahu kabar soal itu, yang mengirimkan SK pengantaran itu provinsi dulu, karena provinsi yang memfasilitasi secara teknis. Silahkan partai politiknya yang bekerja, kami tidak mau masuk kedalam teknis itu. Namun pasti lihat lagi di (UU 10 Tahun 2016) Pasal 176 itu. Lebih jelasnya coba dikomunikasikan dengan provinsi,” singkatnya.


Terpisah, secara tegas Kepala Bagian Tata Pemerintahan pada Biro Pemerintahan dan Kerjasama Sekretariat Daerah Provinsi Jabar, Dedi Mulyadi mengaku telah mengingatkan Panitia Pemilihan Wakil Bupati untuk tidak melanjutkan proses pemilihan Wakil Bupati Bekasi. Sebab, hingga saat ini diketahui partai koalisi belum bersepakat soal dua nama yang direkomendasikan.


“Kita sudah bilang ke DPRD, saya sudah laporkan ke Pak Syahrul dan Pak Sekda (Jawa Barat). Kita belum sama sekali bertemu (DPRD) apalagi surat pemberitahuan (Pelaksanaan Paripurna), terakhir saya ketemu dengan DPRD sekitar awal Januari, mereka konsultasi, saat itu saya sampaikan harus menunggu dari DPP,” beber dia.




Ia kembali mengingatkan DPRD Kabupaten Bekasi, bahwa proses pemilihan Wakil Bupati Bekasi jangan sampai proses yang telah dilakukan, nantinya tidak diakui karena adanya persyaratan yang belum terpenuhi.


“Peraturannya kan jelas, mendingan dari sekarang kita pastikan sama, meski nanti lama, tapi clear itu loh,” bebernya.


Informasi yang ia terima oleh Panlih DPRD Kabupaten Bekasi, ada poin yang menyebutkan tanggal dan penjadwalan. Ia menerangkan, proses pemilihan wakil bupati sisa masa jabat ini, jangan disamakan seperti pilkada yang terjadwal.

Halaman:

Editor: bpkpnews

Terkini

Kabar Duka, Kakak Wali Kota Bandung Wafat

Minggu, 29 Januari 2023 | 19:13 WIB

Inilah Hasil Musrembang di Kelurahan Cipageran

Sabtu, 21 Januari 2023 | 17:29 WIB

Evaluasi Kinerja DPRD

Jumat, 6 Januari 2023 | 06:24 WIB

Taman Cimahi Otonom

Sabtu, 17 Desember 2022 | 15:18 WIB

Bersatunya Dekopinda Kota Cimahi 'NGAHIJI'

Jumat, 16 Desember 2022 | 14:05 WIB

Saksi Bisu Kota Otonom Cimahi

Jumat, 16 Desember 2022 | 12:50 WIB
X