• Selasa, 29 November 2022

Perusahaan Pengembang Sudah 13 Tahun Tidak Terdaftar di DPMPTSP KBB

- Rabu, 20 April 2022 | 17:40 WIB
Perusahaan Pengembang Sudah 13 Tahun Tidak Terdaftar di DPMPTSP KBB
Perusahaan Pengembang Sudah 13 Tahun Tidak Terdaftar di DPMPTSP KBB

Bandung Barat|BPKPNEWS.COM
Pembangunan perumahan di Blok Manglayang, Desa Cihanjuang Rahayu tidak ditemukan Data Registrasi Perusahaan Pengembang di Dinas DPMPTSP KBB, sementara Warga masyarakat berharap adanya kontribusi pembangunan perumahan yang saat ini sedang dalam pembangunan di wilayah Rt.03/01 Desa Cihanjuang Rahayu Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat, Selasa (19/04/2022).

Pasalnya Warga saat ini hanya membutuhkan Sarana dan Prasarana yang dibutuhkan sebagai konpensasi dari perjanjian pembangunan perumahan tersebut.

Salah satu kontribusi tersebut adalah perbaikan jalan lingkungan sekitar juga TPU (Taman Pemakaman Umum) yang manfaatnya khusus untuk masyarakat Rt.03/01 dan sekitarnya. Namun dari kedua point diatas baru terealisasi satu point yakni pemberian tanah wakaf.
Baca Juga: Gubernur Sumbar Didampimgi Bupati Padang Pariaman Kunjungi Masjid Raya Cimpua Pasa Durian

Sementara untuk perbaikan jalan warga meminta pihak pengembang bisa  menyelesaikannya.

Salah satu warga berinisial AS menuturkan kepada Media, bahwa keberadaan Ijin pembangunanpun saat ini tidak mengetahuinya. Namun hal tersebut dikembalikan kepada pihak pengembang.

Baginya untuk saat ini konpensasilah yang lebih utama, untuk bisa direalisasikan, "Bagi kami, untuk mengetahui  keberadaan Perijinan perumahan tentu tidak paham juga tidak mengetahuinya, karena baginya kontribusi adalah yang terpenting. Dan bagi siapapun yang ingin membangun perumahan bagi kami sangat terbuka dan memepersilakan," tuturnya.

Baca Juga: Penyaluran BPNT Minyak Goreng dan BST Tahap 2 Tahun Anggaran 2022

Penasaran dengan penuturannya (red), bergegas menuju Dinas untuk menanyakan keberadaan Ijin dari perumahan tersebut. Namun sangat disayangkan ada  pengembang perumahan yang sampai saat ini tidak terdaftar di DPMPTSP, padahal perumahan tersebut sudah berjalan hampir 13 tahun lamanya.

Salah satu pemgembang tersebut  bernama PT. Rayi Raka yang telah beroperasi membangun perumahan sejak tahun 2011 hingga saat ini.

Selain itu, dari penuturan surat yang telah diterbitkan oleh Dinas DPMPTSP Kabupaten Bandung Barat Tertanggal 05 April 2022, dengan nomor surat :503/372/DPMPTSP/2022. Yang sifatnya Biasa, dan perihal Informasi Perijinan Pembangunan Perumahan. Menyatakan jika pengembang Pt. Rayi Raka"  sampai saat ini tidak ditemukan berkas / Data perijinan Perumahan di Blok Manglayang, Desa Cihanjuang Rahayu Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga: Ketua RW 016 Taman Cibiru Gelar Buka Bersama serta Santuni Anak Yatim Piatu

Di poin lainnya, Dinas DPMPTSP juga menyampaikan jika PBG ( Permohonan Bangunan Gedung ) tidak pula ditemukan Data Registrasi Perusahaan pengembang tersebut pada sistem Informasi Management Bangunan Gedung (SIMBG) Berbasis Online.

Oleh hal itu, Masyarakat menduga  jika Perumahan atas nama Pt. Rayi Raka" sampai saat ini belum memiliki ijin pembangunan dari Dinas terkait, dalam hal ini DPMPTSP Bandung Barat.

Warga masyarakat sekitar yang berada dilingkungan perumahan tersebut menginginkan adanya keterbukaan, jangan sampai warga dirugikan dengan adanya perumahan tersebut yang saat ini sudah berdiri bangunan tanpa mempedulikan kontribusi untuk kami tuturnya.

Baca Juga: Rediyanto ; Polisi Tak Boleh Lalai, Anggap Remeh Kasus PETI

"Berharap Pemerintah kabupaten tegas untuk melakukan tindakan, jadi jangan sampai hal ini berlanjut selama syarat dan Prosedur perijinan belum ditempuh oleh pihak Pengembang "Katumiri Land" apa lagi kewajiban kepada masyarakat kami belum diberikan, ya.. segera dilakukan tindakan," tegasnya.

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Artikel Terkait

Terkini

FKDM Tingkat Kota Cimahi Tahun 2022

Rabu, 16 November 2022 | 05:55 WIB

Pemkot Cimahi Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal

Jumat, 11 November 2022 | 10:58 WIB

Sangat Tepat Sekda Kota Cimahi Menjadi Pj Wali Kota

Minggu, 23 Oktober 2022 | 18:17 WIB
X