• Minggu, 2 Oktober 2022

Anggota Komisi II DPR Fraksi Partai Demokrat Anwar Hafid Respon Wacana Bodebek Masuk Ke Jakarta Raya

- Rabu, 13 Juli 2022 | 23:40 WIB
Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono (Ist)
Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono (Ist)

BPKPNEWS.COM - Wali Kota Depok Mohammad Idris mengusulkan agar Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek) masuk ke Jakarta Raya, dan pindah provinsi dari Jawa Barat.

Hal tersebut mendapatkan sorotan dari berbagai pihak, salah satunya dari Anggota Komisi II DPR Fraksi Partai Demokrat Anwar Hafid.

Menurutnya, memang Provinsi Jawa Barat ini sudah harus dimekarkan menjadi dua bagian.

Bukan untuk menggabungkan Bodebek ke Jakarta Raya, melainkan pemekaran Jawa Barat.

"Kalau saya sih mengusulkan memang Jawa Barat itu sudah harus dimekarkan menjadi dua provinsi lagi," kata Anwar dihubungi, Rabu (13/7/2022).

Anwar beralasan pemekaran Provinsi Jawa Barat salah satunya terkait rentang kendali. Di mana kota/kabupaten yang memiliki jarak jauh ke pusat provinsi di Bandung, butuh akses lebih dekat guan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat dan antar pemerintahan.

Baca Juga: Walikota Depok Usulkan Bodebek Masuk Ke Wilayah Jakarta

"Walaupun hari ini semua pelayanan lewat online tapi sebenarnya bukan cuma itu kan pelayanan administratif. Tapi pelayanan dalam hal, misalnya pemerataaan pembangunan, nah ini kan juga pelayanan juga itu," kata Anwar

 

Sebelumnya, Mohammad Idris mengusulkan daerah pinggiran Jakarta, mencakup Depok, Bogor dan Bekasi disatukan di DKI Jakarta lalu menjadi Jakarta Raya.

"Satu ide saya kalau mau sukses pembangunan Jakarta dan sekitarnya satukan Jakarta Raya," kata Mohammad Idris setelah meninjau pemotongan kurban di Jalan H Icang, Kelurahan Tugu, Cimanggis, Minggu (10/7).

Halaman:

Editor: Ahmad Tarmizi, SE

Tags

Terkini

Pengesahan Peraturan Daerah APBD Perubahan Jawa Barat

Jumat, 30 September 2022 | 21:30 WIB

Ridwan Kamil Tiba di Bandung Besok

Jumat, 3 Juni 2022 | 23:41 WIB
X